blog image
Created by : admin - 2023-09-05 08:56:41

Jakarta - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro mendorong semua desa dan kelurahan di Indonesia saling berkolaborasi. Langkah tersebut sangat penting untuk membuat desa dan kelurahan semakin maju. Dengan demikian, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa juga akan meningkat. Eko menyampaikan hal tersebut saat menutup kegiatan Temu Karya Nasional, di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Jumat (18/08/2023). 

Acara ini merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), sebuah program kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Bank Dunia (World Bank).

"Bagi desa-desa yang maju, ayo kita berkolaborasi. Bagikan keunggulan-keunggulan supaya dapat dicontoh dan ditiru oleh desa-desa lainnya," ujarnya.

Eko menjelaskan, banyak pihak yang bisa diajak berkolaborasi dengan desa maupun kelurahan. Salah satunya adalah pihak swasta dan media massa.

Namun sayangnya, menurut Eko, sejauh ini masih banyak desa-desa yang unggul masih enggan untuk membagikan informasi tentang cara-cara mereka mencapai keunggulan tersebut. 

"Ini kelemahan. Masih banyak keunggulan-keunggulan yang tidak di share. Harusnya keunggulan-keunggulan ini di share. Maka, ayo bapak-bapak dan ibu-ibu berkolaborasi," katanya.

Dirjen Bina Pemdes berharap kolaborasi antara pusat, pemda, pemerintah desa dan kelurahan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat desa ke depan," kata Eko. 

"Saya berharap kolaborasi ini tetap berlanjut ke depan untuk mempercepat kemajuan dalam rangka menuju visi Indonesia Emas 2045, desa dan kelurahan bersatu membangun bangsa Indonesia," ujar Eko. 

Melalui acara TKN ini, Mendagri Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada 12 desa dan 12 kelurahan yang menjadi juara regional di seluruh Indonesia.

Penghargaan dibagi dalam empat regional, yakni Regional I (Sumatera), Regional II (Jawa dan Bali), Regional III (Kalimantan dan Sulawasi), dan Regional IV (Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua).

Mendagri juga menganugerahkan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2023. Anugerah ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota yang dianggap berhasil melakukan pembinaan terhadap desa dan kelurahan, sehingga berhasil meraih prestasi di tingkat nasional.