blog image
Created by : admin - 2022-02-04 08:58:46

(Jakarta, 4/2)-- Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua melaksanakan Pemilihan Kepala desa (Pilkades) serentak dengan jumlah desa pelaksana sebanyak 277 desa di 34 kecamatan. Pilkades serentak yang dihelat Rabu, 2 Februari 2022 itu mencatat jumlah TPS sebanyak 341 dengan total pemilih sebanyak 92.223 orang yang telah sesuai dengan aturan pembatasan jumlah pemilih dalam satu TPS (500 orang) dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 141/6698/SJ tentang Jumlah Pemilih di Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Era Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes), melakukan pemantauan secara virtual untuk melihat praktik langsung dari penerapan protokol kesehatan (Prokes) selama Pilkades serentak di kabupaten dimaksud. Ratna Andriani, S.H. Kasubdit Fasilitasi Administrasi Pemerintahan Desa (FAPD) mewakili Dirjen Bina Pemdes, melakukan monitoring virtual dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinda Daerah (Forkopimda) setempat yang dihadiri oleh Dance Hosio, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dance bertindak mewakili Bupati Pegunungan Bintang melaporkan bahwa proses pemungutan suara sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2020, di mana pada TPS tersebut sudah menyediakan sarana cuci tangan, thermo gun, sarung tangan sekali pakai hingga penyemprotan disinfektan secara berkala. Meski terkendala jaringan koneksi internet untuk menampilkan TPS di desa sampel, Dance memastikan Pilkades berlangsung aman dan kondusif serta mengikuti Prokes yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut, Ratna menyampaikan arahan Dirjen Bina Pemdes Yusharto Huntoyungo untuk Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang agar terus menerapkan Prokes dalam setiap tahapan Pilkades. Dipastikan aman hingga penghitungan suara dan pelantikan Kades terpilih. “Kami berharap Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang untuk tidak lengah dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya gelombang ketiga penyebaran Covid-19 di Indonesia dengan terus memperketat penerapan 5M dan mempercepat vaksinasi pada seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali,” tegasnya.

Kabupaten Pegunungan Bintang sendiri merupakan kabupaten ketiga yang melaksanakan Pilkades serentak di Tahun 2022. Sampai dengan saat ini, 3 Kabupaten/Kota sudah melaksanakan Pilkades serentak di tahun 2022, dengan jumlah keseluruhan desa pelaksana sebanyak 376 desa yang tersebar di 60 kecamatan. Jumlah DPT keseluruhan sebanyak 187.257 orang yang tersebar di 581 TPS, dengan persentase rata-rata kehadiran pemilih sebesar 78,46%.