blog image
Created by : admin - 2021-10-14 12:52:55

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 serentak telah dilakukan di 29 desa yang tersebar di lima Kecamatan Kabupaten Mahakam Ulu, dan di 44 desa yang tersebar di delapan Kecamatan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Timur.

(Jakarta, 13/10)--Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian dalam Negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) memantau secara virtual pelaksanaan Pilkades 2021 serentak di Kabupaten Mahakam Ulu dan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Timur dengan sampling pemantauan secara berurutan di Desa Long Bagun Ulu Kecamatan Long Bagub dan Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali yang dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2021.

Pada pemantauan virtual ini, Dirjen Bina Pemdes beserta jajaran berkomunikasi virtual dengan Bupati Bangka, Asisten I Sekda Kabupaten Mahakam Ulu, Unsur Pengamanan dan Satgas Covid-19 Kabupaten untuk melaporkan persiapan baik aspek logistik, keamanan, protokol kesehatan maupun lainnya. Pada kesempatan itu juga mengundang Kepala Dinas PMD Kabupaten pelaksana Pilkades serentak selanjutnya di Provinsi Kalimantan Timur.

Hadir secara virtual di kesempatan yang sama adalah perwakilan dari Kementerian/Lembaga lainnya, yaitu Ditjen Bina Keuangan Daerah, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Kepolisian Republik Indonesia, TNI, BNPB, Kemenko Bidang Perekonomian, BPKP, Kemenkomarinves, Kemenkes, Kemendes PDTT, dan Kemenkeu.

“Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Mahakam Ulu sudah menyesuaikan regulasi melalui Instruksi Bupati Mahakam Ulu No. 3 Tahun 2021 Tentang Penerapan dan Penegakan Protokol Kesehatan dalam Melaksanakan Pemilihan Petinggi dengan Kondisi Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasab DPT maksimal 500 orang per TPS,” terang Usharto Huntoyungo, Dirjen Bina Pemdes.

Selain itu, menurutnya keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 telah dinyatakan oleh Bupati Mahakam Ulu melalui surat nomor 140/9402/DPMK-TU.P/X/2021 tanggal 1 Oktober 2021 hal Kesiapan Penanganan Covid-19 di Kampung Lokasi Pemilihan Petinggi Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Mahakam Ulu Terkendali.

Lalu, Asisten I Sekda Kabupaten Mahakam Ulu Ir. Dodit Agus Riyono, MP menyampaikan bahwa Kabupaten Mahakam Ulu masuk pada level 2, dan Bangka pada level 3 dengan kondisi parameter pengendalian covid-19 berjalan baik. “Pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Mahakam Ulu sudah memenuhi protokol kesehatan baik dari sisi pembatasan jumlah DPT per TPS, penyemprotan disinfektan secara berkala, pengaturan jarak kursi tunggu, dan penggunaan tinta tete,” tegasnya.

“Saat pelaksanaan Pilkades serentak itu, tercatat jumlah TPS di Kabupaten Mahakam Ulu sebanyak 38 TPS dengan DPT sebanyak 13.649 orang,” ungkapnya.

Pelaksanaan Pilkades serentak dari tahapan pemungutan suara sampai dengan penghitungan suara  berlangsung dengan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan. Penghitungan suara dilakukan di masing-masing TPS untuk selanjutnya direkapitulasi di tempat yang telah ditentukan dan dilakukan pleno. Untuk tingkat partisipasi kehadiran pemilih, pada desa sampel yakni Desa Long Bagun Ulu sebesar 64,73% dari 959 DPT untuk Kabupaten Mahakam Ulu dan Desa Karya Makmur sebesar 55,90% dari 4.647 DPT.

Sampai dengan saat ini, 68 Kabupaten/Kota sudah melaksanakan Pilkades serentak di Tahun 2021, dengan jumlah keseluruhan desa pelaksana sebanyak 4.915 desa yang tersebar di 866 kecamatan. Jumlah DPT keseluruhan sebanyak 8.318.308 orang yang tersebar di 20.776 TPS, dengan persentase rata-rata kehadiran pemilih sebesar 70,77%.

Foto: Dok. Ditjen Bina Pemdes Kemendagri.