blog image
Created by : admin - 2021-10-25 10:09:30

(Jakarta)-- Desa Kembang Kecamatan Kabupaten Kulon Progo hari ini Minggu 24 Oktober 2021 menjadi sampel pemantauan virtual pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021. Pilkades dihelat di 68 desa yang tersebar di 12 kecamatan.

Pemantuan secara virtual dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) yang dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Yusharto Huntoyungo.

Pada kesempatan itu, disampaikan Drs. Jazil Ambar Was'an Asisten I Setda Kabupaten Kulon Progo bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Kulon Progo sudah menyesuaikan regulasi melalui Surat Edaran Bupati Kulon Progo Nomor 140/0515 yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS. Keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo telah dinyatakan oleh Surat Bupati Kulon Progo Nomor 140/3536 tanggal 21 Oktober 2021 hal Persiapan Pemilihan Kepala Desa (Lurah) Serentak Tahun 2021.

“Tercatat jumlah TPS di Kabupaten Kulon Progo sebanyak 650 dengan DPT sebanyak 248.720 orang,” tambahnya.

Selain dengan Asisten I Setda Kabupaten Kulon Progo, Dirjen Bina Pemdes beserta jajarannya juga berkomunikasi dengan Unsur Pengamanan dan Satgas Covid-19 Kabupaten untuk melaporkan persiapan baik aspek logistik, keamanan, protokol kesehatan maupun lainnya, sekaligus juga kami mengundang Kepala Dinas PMD Kabupaten pelaksana Pilkades serentak selanjutnya di Provinsi D.I. Yogyakarta.

Kabupaten Kulon Progo pada saat Pilkades berlangsung kondisi wilayah masuk pada level 2 dengan kondisi parameter pengendalian Covid-19 berjalan baik, sudah memenuhi protokol kesehatan baik dari sisi pembatasan jumlah DPT per TPS, penyemprotan disinfektan secara berkala, pengaturan jarak kursi tunggu, dan penggunaan tinta tetes.

Pada kesempatan pemantauan virtual itu, hadir perwakilan dari Kementerian/Lembaga lainnya, yaitu Kemendagri (Ditjen Bina Keuangan Daerah, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan), Kepolisian Republik Indonesia, TNI, BNPB, Kemenko Bidang Perekonomian, BPKP, Kemenkomarinves, Kemenkes, Kemendes PDTT, dan Kemenkeu.

Berdasarkan pemantauan hari itu, Pilkades serentak di Kulon Progo dari tahapan pemungutan suara sampai dengan penghitungan suara berlangsung dengan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

 

Foto: Dok. Ditjen Bina Pemdes/Puspen Kemendagri.