blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:01:56

Setelah sebelumnya sukses mengadakan Lokakarya Pemerintahan Desa di Provinsi Kalimantan Barat, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa kembali mengadakan Lokakarya di Provinsi Lampung, tepatnya Hotel Bukit Randu Bandar Lampung, yang dilaksanakan dari tanggal 25 sampai 28 April 2017.

Peserta yang diundang dalam kegiatan ini antara lain: (1) Pejabat/ JFU di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa; (2) Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung; (3) Kepala Balai PMD Lampung; (4) Kepala Dinas PMD Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran; (5) Perwakilan Kepala Desa dari Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran; (6) Perwakilan Mahasiswa dari Universitas Lampung, Universitas Bandar Lampung, serta Universitas Saburai.

Kegiatan ini menghadirkan para Narasumber yang berasal dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri dan Universitas Indonesia yaitu Dr. Muhadam Labolo (IPDN), Prof. Isbandi Rukminto Adi (UI), Prof. Bambang Shergi Laksmono (UI), serta Prof Robert M.Z. Lawang (UI). Serupa dengan pelaksanaan Lokakarya di Pontianak, lokakarya di Lampung menghadirkan sesi sharing diskusi dengan Para Kepala Desa Percontohan yang menjuarai lomba desa pada tahun 2016 yaitu Kepala Desa Hanura Provinsi Lampung Pemenang Lomba Desa Regional 1, dan Kepala Desa Majasari Provinsi Jawa Barat Pemenang Lomba Desa Regional 2.

Isu-isu strategis yang menjadi pokok diskusi dalam kegiatan ini antara lain menyangkut tentang sejarah perkembangan desa, model-model pengembangan desa, model-model pemberdayaan masyarakat desa, serta prospek pembangunan desa di masa depan yang selaras dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dengan diselenggarakannya Lokakarya Pemerintahan Desa, diharapkan dapat meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang lebih optimal. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan adanya kerjasama dari Perangkat Desa, Akademisi, dan Pemerintah Daerah untuk bersama-sama membangun desa sehingga mampu mewujudkan desa yang maju, mandiri, dan sejahtera.