blog image
Created by : admin - 2021-11-17 09:14:21

(Jakarta, 15/11)-- Bertempat di kantor Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) telah berlangsung secara virtual pembukaan Training of Trainer (ToT) Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Acaranya sendiri berlangsung secara hybrid, dan kegiatan luringnya dilaksanakan pada Senin-Jumat tanggal 15-19 November 2021 di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan. Pembukaan secara daring dilakukan live zoom oleh Dirjen Bina Pemdes, Yusharto Huntoyungo yang didampingi Sekretaris Jenderal Bina Pemdes Mohammad Rizal dan Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Tb. Chaerul Dwi Sapta.

Peserta ToT BPD ini terdiri dari perwakilan pusat Balai Bina Pemerintahan Desa, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Provinsi, Kabupaten/Kota terpilih di wilayah III yaitu Sulawesi, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan pemerintah daerah agar mampu memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi lembaga BPD seluruh Indonesia. Sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal dalam tata kelola pemerintahan desa.

Yusharto berharap ToT BPD ini juga memberikan pemahaman terkait pentingnya peran kelembagaan BPD terhadap tata kelola pemerintahan desa, kepada pemerintahan daerah sehingga bentuk pembinaan dan pengawasan terhadap BPD akan lebih baik dan ditingkatkan.