blog image
Created by : admin - 2022-02-09 13:19:09

Jakarta–Webinar dengan tema “Pembekalan dan Apresiasi kepada Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19” sukses dihelat hari ini, Selasa (8/2/2022). Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ketua Bidang Perubahan Perilaku Sonny Harry B. Harmadi, Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Pusat Safriati Safrizal, ZA dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto.

Webinar dimaksud membahas terkait dengan peningkatan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19. Menurut Sonny Harry B. Harmadi, penanganan Covid-19 tidak hanya bergantung pada upaya vaksinisasi dan pengobatan, upaya penanganan Covid-19 juga harus dimulai dari masyarakat itu sendiri untuk dapat beradaptasi dengan situasi yang baru.

“Strategi pengendalian Covid-19 yang harus dilakukan oleh masyarakat di antaranya 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun), 3T (tes, telusuri, dan tindak lanjut), lalu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan istirahat cukup, olahraga teratur, menjaga kesehatan mental, dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang,” ulasnya.

Tidak hanya peran masyarakat saja yang penting dalam mencegah kasus Covid-19 meningkat, akan tetapi peran Kader PKK juga sangat penting dalam melakukan edukasi ke pihak masyarakat untuk upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Kegiatan pembekalan kader PKK ini sudah sesuai dengan Permendagri No.36 Tahun 2020.

Safriati Safrizal mengatakan bahwa peran Kader PKK dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 antara lain melakukan edukasi ke masyarakat, melakukan kampanye protokol kesehatan dan mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinisasi.

“Kegiatan pembekalan kader PKK dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 ini sudah sesuai dengan Permendagri No.36 Tahun 2020. Dalam upaya penanggulangan Covid-19, TP PKK juga bekerjasama dengan tim Satgas Covid-19,” tutupnya.