blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:03:22

Jakarta - Pemerintah menggandeng PT Pelayanan Nasional Indonesia (Pelni) untuk menyelenggarakan mudik gratis bagi pengendara sepeda motor dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah. Dirut PT Pelni Elfien Goentoro turut serta dalam pelayaran kapal mudik gratis tahap pertama tersebut.

Mudik gratis itu difasilitasi menggunakan KM Dobonsolo milik PT Pelni yang menyediakan rute Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Pada tahap pertama ini, kapal mengangkut 2.252 penumpang dan 816 motor.

"Dengan kapal ini kesempatan untuk tidak terkena marabahaya besar dibanding naik motor atau mobil," kata Dirut PT Pelni Elfien Goentoro saat berbincang dalam perjalanan menuju Semarang, Sabtu (11/7/2015) malam.



Elfien menerangkan, ada tiga tahap keberangkatan mudik menuju Semarang yang disiapkan gratis bagi pengendara motor. Setelah tanggal 10, berikutnya 13 dan 15 Juli. Nantinya, arus balik juga disediakan tiga tahap pemberangkatan ke Jakarta.

"Orangnya lebih banyak karena hampir tiap keluarga bawa anak, satu motor bisa 4 orang," ujarnya.

Motor-motor para pemudik itu diparkirkan di dek bawah, sementara penumpang dan barang bawaan ditempatkan di seluruh ruangan yang ada di kapal yang dijadikan kelas ekonomi seluruhnya. Jumlah penumpang yang diangkut ini sebanyak 133 persen dari kuota, meski kapasitas sangat memadai.

Kapal bertolak dari Tanjung Priok, Jakarta Sabtu (11/7) pukul 16.45 WIB dan tiba di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang pukul 07.00 WIB. Para pemudik melanjutkan perjalanan dengan motor yang dibawa menuju kota tujuan masing-masing.
(bal/hri)

Sumber: detik.com