blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:01:56

Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa dan narasumber lain tampak sedang memaparkan materi.

JURNAL BINA PEMDES - Orientasi dan Penyuluhan bagi Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) Tentang Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Narkoba Tahun 2017 telah terselenggara di Bandung pada tanggal 20 – 23 Maret 2017. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas LKD sebagai mitra Pemerintah Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, untuk meningkatkan kemampuan LKD untuk menyusun perencanaan, melaksanakan kegiatan dan melaporkan pelaksanaan kegiatan serta untuk meningkatkan peran LKD dalam mencegah dan menanggulangi penyalahgunaan Narkoba di masyarakat.

Hadir dalam acara ini sebagai narasumber, adalah pejabat dari  Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional. Adapun pesertanya terdiri dari dari LKD, yang terdiri dari Ketua LPM dan Ketua Karang Taruna dari Kabupaten terpilih di Provinsi Jawa Barat. Total keseluruhan peserta berjumlah 100 Orang.

Dalam sambutannya, Dr. Nata Irawan, SH, M.Si selaku Dirjen Bina Pemdes, menegaskan bahwa melalui kegiatan ini kita telah mencoba merumuskan rekomendasi mengenai peranan Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam pencegahan dan penanggulangan narkoba di masyarakat.

“Melalui rekomendasi ini, telah mencerminkan bahwa seluruh peserta telah memperoleh pemahaman yang utuh dan menyeluruh, tentang strategi kebijakan dan upaya mendasar pencegahan dan penganggulangan narkoba di masyarakat melalui fungsi dan peranan Lembaga Kemasyarakatan Desa, dengan terlebih dahulu memahami hakekat penyelenggaraan Pemerintahan Desa”, paparnya. 

Kegiatan kunjungan lapang di Desa Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Bandung.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini disamping PBM dilakukan di ruang / kelas, juga dilakukan dengan kunjungan lapangan di Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. (Agt)