blog image
Created by : admin - 2022-03-18 07:19:23

Jakarta (17/3)- Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri memantau secara virtual via zoom meeting pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung dan Pilkades Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan. Pemantuan virtual dipimpin oleh Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa (PAPD) Aferi S. Fudhail, Kamis (17/3). 

Berdasarkan audiensi dengan Asisten I Setda Kabupaten Tulang Bawang Ahmad Suharyo, Pilkakam serentak menampilkan TPS Sampel dari Desa Menggala, Kecamatan Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. "Secara keseluruhan jumlah desa pelaksana pada Pilkakam 2022 sebanyak 48 desa yang tersebar di 14 kecamatan," ujarnya.

Kemudian Sekda Kabupaten Sinjai Akbar Mukmin, pun menyampaikan bahwa Pilkades kali ini menampilkan TPS sampel yang digelar di Desa Saukang  Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan. "Mengenai jumlah desa pelaksana adalah sebanyak 54 desa yang tersebar di 8 kecamatan," tambahnya. 

Dari hasil pemantauan bersama jajaran Forkopimda dua kabupaten pelaksana Pilkades, didapatkan data bahwa perhelatan pesta demokrasi rakyat desa tersebut diikuti oleh 156 calon Kakam, yang terdiri dari 142 laki-laki dan 14 perempuan yang berkompetisi memperebutkan kursi Kakam di Kabupaten Tulang Bawang, sedangkan di Kabupaten Sinjai diikuti oleh 190 calon Kades, yang terdiri dari 188 laki-laki dan 2 perempuan. 

Terkonfirmasi dari laporan pemantauan pula, jumlah DPT di Kabupaten Tulang Bawang sebanyak 79.666 orang yang tersebar di 189 TPS. Kemudian jumlah DPT di Sinjai sebanyak 110.706 orang yang tersebar di 244 TPS. 

Pada kesempatan tersebut Aferi mengimbau Pemerintah Kabupaten Tulangx Bawang dan Kabupaten Sinjai untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam tahapan selanjutnya yakni penghitungan suara dan pelantikan kepala desa terpilih. Aferi juga berharap, perhelatan ini akan menghasilkan aparatur desa yang mumpuni sesuai harapan masyarakatnya. 

"Semoga perhelatan ini akan menghasilkan pemimpin yang jujur, adil dan mumpuni dalam memimpin masyarakat," pungkas Aferi.