blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:03:22

Jakarta - Banyak kepala daerah yang kini tersandung kasus korupsi dan dicokok KPK hingga Bareskrim Polri. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan untuk menghindari kepala daerah yang korupsi perlu peningkatan optimalisasi kinerja inspektorat daerah.

"Salah satu, perlu ditingkatkan optimalisasi kinerja inspektorat daerah. Inspektorat daerah itu jangan hanya formalitas saja, jangan bergerak kalau hanya ada instruksi dari kepala daerah," ujar Tjahjo di kantor Itjen Kemendagri, jalan Medan Merdeka Timur, Jakpus, Rabu (15/7/2015).

Menurutnya, inspektorat jangan sungkan untuk menyampaikan terkait hal yang benar. Adapun, permasalahan hukum adalah oknum bukan lembaga.

"Masalah hukum kan oknum, nah kembali ke diri kita, sudah dipalang kayak apa pun kalau dia nekat ya kena tangkep tangan," terangnya.

Maka dari itu, politisi PDIP ini berharap Irjen Kemendagri yang baru dilantiknya, yakni Tarmizi A Karim dapat memberikan arahan shock terapy ke daerah-daerah. Sehingga fungsi pengawasan dapat berjalan dengan efektif.

"Makannya kami (Kemendagri) ingin pak Tarmizi ini kan pernah jadi bupati, plt gubernur, dia tau bagaimana seorang kepala daerah, pernah menjadi dirjen, tahu tugas-tugasnya bagaimana menjadi dirjen. Sehingga lebih komprehensif apa yang dia pahami dan mudahan-mudahan bisa beri arahan dan shock terapy ke daerah sehingga fungsi pengawasan berjalan sehingga daerah lebih efektif, dan taat kepada hukum," tutupnya.


(fan/dra)

Sumber: detik.com