blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:01:56

Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Usman Hadi/detikcom)

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri pekan ini akan mengundang Biro Keuangan dan DPRD dari 171 daerah yang akan menggelar Pilkada serentak pada 2018. Hal ini dilakukan untuk kepentingan mematangkan anggaran. 

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan hal tersebut saat ditanya soal kesiapan pemerintah menggelar Pilkada serentaak 2018. "Kami (persiapan) lebih awal mudah-mudahan minggu ini kami mengundang biro keuangan dan DPRD 171 daerah untuk memastikan anggaran," kata Tjahjo di sela pembekalan kepala daerah terpilih di kantor BPSDM Kemendagri, Jalan Taman Makam Pahlawan Nomor 8, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (22/5/2017).

Tjahjo menegaskan bahwa anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 sudah tersedia. Namun, kata dia, harus ada mekanisme sehingga Badan Pemeriksa Keuangan tidak menemukan anggaran yang aneh. 

"Karena (Pilkada) serentak itu lebih mahal tapi tidak sampai sebegitu mahal. Kami juga memberi peluang kepada kepala daerah dengan boleh pasang iklan yang banyak beli kaus spanduk jangan sepi. Minimal ada pertumbuhan ekonomi dan demokrasi itu bagus,' kata dia. 

Kemendagri, kata Tjahjo juga akan bertemu dengan Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu supaya ada kerja sama yang baik. Dia berharap pekan pertama bulan Juni mendatang tahapan pilkada serentak 2018 sudah bisa tersusun. 
(cim/erd)

sumber: detik.com

Cici Marlina Rahayu - detikNews