blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:01:56

Foto: Aditya Fajar/detikcom

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di semua daerah di Indonesia bisa selaras dengan program dari pemerintah pusat. Khusus di Jakarta, Mendagri meminta musrenbang melibatkan daerah-daerah penyangga di sekitarnya.

"Tujuannya (musrenbang) menyerasikan antara program pemerintah pusat dengan pemerintah daerah harus nyambung. Kemudian program daerah harus fokus dan bersinergi," kata Mendagri di sela acara Sidang Pleno Musrenbang Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017 di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).

"Misalnya kalau DKI, kalau mau sukses juga harus bersinergi dengan Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok untuk mengatasi banjir, mengatasi kemacetan dan sebagainya," imbaunya.

Mendagri juga menyebutkan hasil musrenbang yang dilakukan pemerintah tiap provinsi di Indonesia akan dibahas di tingkat nasional. Tujuannya supaya rencana pembangunan di tingkat daerah bisa sejalan dengan program yang telah disusun oleh pemerintah pusat. "Dan memastikan bahwa setiap penganggaran melalui perencanaan program ketat, ada anggarannya, memastikan pelaksanaannya," ujar dia.


(bis/aan)

sumber: detik.com