blog image
Created by : admin - 2021-10-25 10:07:45

(Jakarta)—Pulau Dewata Bali sedang berpesta rakyat, tepatnya di Kabupaten Klungkung Provinsi Bali. Sebuah perhelatan untuk memilih Calon Kepala Desa (Cakades) sukses dilaksanakan pada hari Minggu 24 Oktober 2021. Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) pun melakukan pemantauan Pilkades tersebut secara virtual. Di Kabupaten Klungkung Pilkades dilaksanakan di 11 desa yang tersebar di empat kecamatan dengan sampel pantauan adalah Desa Akah Kecamatan Klungkung.

Disampaikan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, S.Pd., M.M. bahwa Kabupaten Klungkung saat Pilkades berlangsung kondisi wilayah masuk pada level 2. Kemudian jumlah TPS yang ada sebanyak 78 TPS dengan DPT sebanyak 32.754 orang,

Ditegaskannya juga bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Klungkung sudah menyesuaikan regulasi melalui Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Perbekel yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS. Selain itu, keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 telah dinyatakan oleh Surat Bupati Klungkung Nomor 140/1159/DPMDPPKB tanggal 11 Oktober 2021 hal Laporan Kesiapan Pemilihan Perbekel Secara Serentak Kabupaten Klungkung Tahun 2021.

Pada kesempatan pantauan virtual tersebut, Dirjen Bina Pemdes Yusharto Huntoyungo yang hadir langsung Bersama jajarannya berkomunikasi dengan Bupati Klungkung, Unsur Pengamanan dan Satgas Covid-19 Kabupaten untuk melaporkan persiapan baik aspek logistik, keamanan, protokol kesehatan maupun lainnya, sekaligus juga kami mengundang Kepala Dinas PMD Kabupaten pelaksana pilkades serentak selanjutnya di Provinsi Bali.

 Pada kesempatan yang sama, hadir secara virtual perwakilan dari Kementerian/Lembaga lainnya, yaitu Kemendagri (Ditjen Bina Keuangan Daerah, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan), Kepolisian Republik Indonesia, TNI, BNPB, Kemenko Bidang

Sejauh ini, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Klungkung sudah memenuhi protokol kesehatan baik dari sisi pembatasan jumlah DPT per TPS, penyemprotan disinfektan secara berkala, pengaturan jarak kursi tunggu, dan penggunaan tinta tetes.

“Pemerintah Kabupaten Klungkung juga menyiapkan TPS khusus bagi warga binaan di Rutan Klungkung yang masuk ke dalam DPT,” ungkap Bupati Klungkung.

“Semoga Pilkades ini menciptakan para Kades yang amanah dan berintegritas dalam mendukung pelaksanaan tugas aparatur daerah setempat,” pesan Yusharto.

Sejauh ini pelaksanaan Pilkades serentak di Klungkung dari tahapan pemungutan suara sampai dengan penghitungan suara berlangsung juga berjalan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Foto: Dok. Ditjen Bina Pemdes/Puspen Kemendagri.