blog image
Created by : admin - 2021-12-13 01:03:53

(Jakarta, 9/12)--Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) mengadakan webinar terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang di Kabupaten Nagan Raya disebut dengan Pilchiksung atau Pemilihan Keuchik Langsung. Pilchiksung di Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh dilaksanakan di 175 gampong (sebutan lain desa) di 10 kecamatan yang diikuti oleh 477 calon keuchik sebanyak 471 laki-laki dan 6 perempuan.

Zulfika selaku Asisten I Setda Kabupaten Nagan Raya melaporkan melalui forum webinar tersebut bahwa tercatat jumlah pemilih pada Pilchiksung pada hari ini, 9 Desember 2021 adalah sebanyak 95.655 orang yang tersebar di 277 TPS.

“Pelaksanaan Pilchiksung serentak di Kabupaten Nagan Raya sudah menyesuaikan regulasi Permendagri No 72 tahun 2020 dan Peraturan Bupati Nomor 16 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Keuchik di Kabupaten Nagan Raya yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS,” terangnya.

Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Aferi S. Fudail yang memimpin webinar pemantauan Pilchiksung hari itu, meminta panitia pemungutan suara di TPS sampel yang ada di Gampong Pante Cermin Kecamatan Seunagan, melakukan reportase langsung jalannya pemungutan suara sejak pemilih datang ke TPS hingga keluar area dalam penerapan protokol kesehatan yang diberlakukan seperti aturan. Selain itu juga melakukan audiensi dengan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), untuk melaporkan langsung kondisi keamanan lokasi, serta mengatur antrian pemilih sehingga tidak terjadi kerumunan massa.