blog image
Created by : admin - 2021-11-18 09:26:50

(Jakarta, 17/11)-- Bertempat di Hotel Mercure, Jakarta, Tb. Chaerul Dwi Sapta mewakili Dirjen Bina Pemerintahan Desa sebagai narasumber dalam lokakarya konsultasi dan perencanaan dukungan multipihak program Penguatan Kapasitas Terlembaga (PASTI) yang merupakan undangan dari Arbeiter Samariter Bund (ASB), Rabu 17 November 2021.

ASB sendiri merupakan organisasi kemasyarakatan asing yang berasal dari Jerman dan telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2006. Memorandum Saling Pengertian antara ASB dan Kementerian Dalam Negeri yang ditandatangani tahun 2012, memiliki fokus kerja sama dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan kapasitas masyarakat dan lembaga masyarakat, serta bantuan kemanusiaan.

Dalam acara yang bertajuk Kapasitas Desa dalam Menjamin Pembangunan Desa yang Berkelanjutan dengan Integrasi Kesiapsiagaan Bencana Partisipatoris dari Segi Penganggaran dan Perencanaan tersebut, Chaerul menyampaikan tujuan MoU antara Kemendagri dengan ASB di antaranya sebagai kerangka hukum bagi kerja sama antar para pihak dalam mendukung program Pemerintah Republik Indonesia dalam menguatkan peran desa untuk mewujudkan ketangguhan nasional melalui peningkatan pengelolaan risiko bencana dan sumber daya sosial ekonomi.

Turut hadir dalam gelaran itu, para peserta yang berasal dari lembaga Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Sosial, Balai Pemerintahan Desa, ASB, United Nation Children’s Fund (UNICEF).