blog image
Created by : admin - 2021-10-14 12:59:36

Ibarat sekali dayung tiga pulau terlampaui, demikian halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka. Sembari menghelat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2021 secara serentak di Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung yang terpantau aman dan lancar, Pemkab juga terus berupaya mendorong percepatan program vaksinasi Covid-19, dengan menyediakan 33 gerai vaksinasi di desa-desa yang melaksanakan pilkades serentak.

(Jakarta, 13/10)--Pada hari ini, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan desa Kementerian Dalam negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) mengadakah pemantauan secara virtual pelaksanaan Pilakdes serentak tahun 2021 yang dihelat di Kabupaten Bangka. Dirjen Bina Pemdes Yusharto Huntoyungi beserta jajarannya berdialog langsung secara virtual dengan Bupati Bangka, Asisten I, Unsur Pengamanan dan Satgas Covid-19 Kabupaten untuk melaporkan persiapan baik aspek logistik, keamanan, protokol kesehatan maupun lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, diundang pula Kepala Dinas PMD Kabupaten pelaksana Pilkades serentak selanjutnya di Provinsi Bangka Belitung, dengan harapan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut dapat menjadi acuan untuk melaksanakan Pilkades serentak yang lebih baik di wilayah masing-masing.

Menurut Yusharto, pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini di Kabupaten Bangka juga sudah menyesuaikan regulasi melalui Peraturan Bupati Bangka Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bupati Bangka Nomor 40 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Berita Daerah Kabupaten Bangka Tahun 2021 Nomor 16), yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS.

“Selain itu, keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 telah dinyatakan oleh Bupati Bangka melalui surat nomor 141.1/4992/DINPEMDES/2021 tanggal 28 September 2021 hal Laporan Persiapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Bangka,” tuturnya.

Pemkab Bangka pun dilaporkan juga menyediakan 33 gerai vaksinasi di desa-desa yang melaksanakan Pilkades serentak, demi mendukung percepatan proses vaksinasi Covid-19.

Pelaksanaan Pilkades serentak dari tahapan pemungutan suara sampai dengan penghitungan suara berlangsung dengan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan. Penghitungan suara dilakukan di masing-masing TPS untuk selanjutnya direkapitulasi di tempat yang telah ditentukan dan dilakukan pleno.

Sampai dengan saat ini, 68 Kabupaten/Kota sudah melaksanakan pilkades serentak di Tahun 2021, dengan jumlah keseluruhan desa pelaksana sebanyak 4.915 desa yang tersebar di 866 kecamatan. Jumlah DPT keseluruhan sebanyak 8.318.308 orang yang tersebar di 20.776 TPS, dengan persentase rata-rata kehadiran pemilih sebesar 70,77%.

 

Foto: Dok. Ditjen Bina Pemdes Kemendagri.