blog image
Created by : admin - 2021-11-06 07:15:10

(Jakarta, 5/11)-- Pagi ini di Ruang Rapat VIP Ditjen Bina Pemdes, Jakarta Selatan, Dirjen Bina Pemdes, Yusharto Huntoyungo menyambut hangat Pemimpin Redaksi (Pimred) Sorotnews.co.id, Saripudin Ranex untuk membahas tema lanjutan dari webinar sebelumnya yang bertema Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang telah berlangsung pada 27 September 2021 lalu.

"Tema pertama tentang BUMDES sudah berlangsung tanggal 27 September lalu. Untuk webinar selanjutnya, yang saya baca dari arahan pak Dirjen yaitu tentang pemerintahannya, kalau pemerintahan artinya menyeluruh, jadi penguatan Pemerintahan desa dalam rangka Penataan Digitalisasi Desa. Jadi tidak lari dari konsep CIRDAP kemarin, masih searah, tapi kita kuatkan pemerintahan desanya dalam menata digitalisasi desa,"Ujar Saripudin Ranex.

Sedangkan menurut Ranex, Untuk webinar selanjutnya rencananya akan digelar pada akhir Januari 2022.

Lanjutnya, "Karena acara bersifat nasional, jadi harus disiapkan, karena nanti ada pemberian award. Memang kami ada agenda setiap 5-6 tahun memberikan penghargaan kepada pejabat-pejabat negara yang berprestasi, yang program kerjanya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satunya sebagai nominator nanti, pak Menteri Dalam Negeri. Kami selaku penyelenggara bersyukur atas penerimaan pak Dirjen untuk membantu merealisasikan agar bagaimana ke depannya desa-desa yang selama ini merasa tidak diperhatikan karena banyaknya BUMDES-BUMDES yang selama ini berjalan tapi tidak efektif. Mudah-mudahan dengan adanya webinar ini menjadi suatu pencerahan bagi mereka untuk bisa berpindah, bisa mengelola sendiri manajemen mereka sehingga ke depannya bisa muncul desa-desa wajah baru Desa."

Di waktu yang sama, Yusharto turut menanggapi pertemuan hari ini, "BUMDES ini menjadi suatu bentuk ketahanan masyarakat, yaitu di bidang ekonomi. Dengan adanya BUMDES, mereka akan berusaha, lalu kebutuhan masyarakat yang ada di desa sekitar atau desa tersebut bisa dipenuhi lewat BUMDES, sehingga value chain untuk mereka bisa berproduksi lebih cepat, bisa meningkatkan nilai tukar petani atau nilai tukar nelayan yang ada di desa, itu menjadi lebih tinggi. Harapannya kalau BUMDES menjadi lebih baik, di bidang ekonomi juga lebih baik sehingga ketahanan masyarakatnya juga menjadi lebih baik. Kami berharap melalui kerjasama dengan media online Sorotnews, bisa dicapai dan menjadikan desa-desa kita memiliki ketahanan yang lebih baik dari waktu ke waktu," pungkasnya.