blog image
Created by : admin - 2022-04-02 13:40:21

Jakarta (1/4)-Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Camat: Sinergitas dalam Penyelesaian Isu Strategis Pemerintahan di Wilayah yang berlangsung di Puri Agung Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (1/4). 

Rakernas dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara simbolis dengan memukul gong yang juga digelar secara daring via zoom meeting dan live streaming youtube dengan peserta dari Kecamatan di berbagai wilayah di Indonesia. 

Menurut Tito, camat berperan sebagai jembatan antara para kepala daerah kabupaten/kota yang merupakan pejabat politik dengan kepala desa yang juga merupakan pejabat politik di tingkat desa. 

"Dengan kemampuan dan kapasitas rekan-rekan camat baik berdasarkan pendidikan pengalaman dan lain-lain, maka camat harus mampu untuk menterjemahkan kebijakan-kebijakan termasuk kebijakan-kebijakan yang berasal dari pejabat-pejabat politik agar paralel dengan sistem administrasi pemerintahan," ujarnya. 

Tito melanjutkan, "Camat bertugas untuk memberikan pencerahan agar meningkatkan kapasitas kemampuan kepala desa agar mereka yang dipilih oleh rakyat paham untuk membuat kebijakan yang sejalan dengan seluruh aturan regulasi norma, prosedur, standar pemerintahan serta semua kriteria yang ada". 

Tito mengapresiasi peran camat yang telah melaksanakan melalui program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro serta selalu kampanyekan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan) saat pandemi. 

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis  4 mobil Pemadam Kebakaran dari Pemerintah Korea Selatan kepada Kemendagri, yang kemudian diserahkan ke sejumlah wilayah, di antaranya Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Serdang Bedagai. 

Turut hadir dalam acara itu Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Restuardy Daud, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal, Pelaksana tugas (Plt) Walikota Tanjung balai Waris Thalib.