blog image
Created by : admin - 2022-03-31 14:13:53

Jakarta (30/3)- Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) memantau secara virtual via zoom meeting pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Pemantuan virtual dipimpin oleh Kasubdit Administrasi Pemerintahan Desa Ratna Andriani mewakili Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa (PAPD) Aferi S. Fudail, Rabu (30/3). 

Berdasarkan audiensi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Timur Ikhwan Fahrozi menyampaikan bahwa Kabupaten Belitung Timur berada pada level 3 dan sudah memenuhi protokol kesehatan. 

"Jumlah TPS sebanyak 107 TPS dengan DPT sebesar 38.168 yang tersebar di 7 kecamatan dengan sampling pemantauan di Desa Lalang Jaya Kecamatan Manggar," kata Ikhwan. 

Sedangkan audiensi Kabupaten Kudus yang diwakilkan Asisten I Sekretariat Kabupaten Kudus Agus Budi Satriyo melaporkan bahwa pilkades serentak Kabupaten Kudus di 7 desa yang tersebar di 5 kecamatan dengan Desa sampel Desa Kaliputu Kecamatan Kota Kudus. 

"Kabupaten Kudus berada pada level 2 dengan kondisi parameter pengendalian Covid-19 berjalan baik. Jumlah TPS di Kabupaten Kudus sebanyak 68 TPS dengan DPT sebesar  28.852 orang," tuturnya.

Ratna mengapresiasi kedua Kabupaten yang menerapkan protokol kesehatan baik dari sisi pembatasan jumlah DPT per TPS, penyemprotan disinfektan secara berkala, pengaturan jarak kursi tunggu serta penggunaan tinta tetes. 

"Semoga pelaksanaan Pilkades  serentak berlangsung dengan aman dari tahapan pemungutan suara sampai dengan penghitungan suara serta memperoleh pemimpin yang amanah dan bisa membangun desa," ujarnya. 

Ratna mengharap agar penghitungan suara dilakukan di masing-masing TPS untuk selanjutnya direkapitulasi di tempat yang telah ditentukan dan dilakukannya pleno pun berjalan kondusif.