blog image
Created by : admin - 2022-02-04 16:23:09

(Jakarta, 4/2)—Pada tanggal 20 Januari 2022 telah dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Antar Instansi/Lembaga Pemerintah Terkait Diseminasi Penyelenggaraan Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Dalam Rangka Peningkatan Peran Serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Desa, di Hotel Aston Priority Simatupang, Jalan T.B. Simatupang Kav. 9, Kebagusan, Jakarta Selatan. Acara tersebut dibuka oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa, Tb. Chaerul Dwi Sapta, S.H., M. AP dan dipandu oleh Master of Ceremony (MC), Drs. Widodo.

Peserta dalam rapat tersebut hadir secara langsung dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Dinas PMD Kabupaten Bekasi, Dinas PMD Kabupaten Tangerang, Satpol PP Kabupaten Tangerang, Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Cianjur, Sekretaris Desa Ciputri Kabupaten Cianjur, Kepala Seksi Trantib Desa Gadog Kabupaten Cianjur, Kepala Desa Lambang Sari Kabupaten Bekasi serta dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) yang diwakili oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H., M.Si dan dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) yang diwakili oleh Paban II/Puanter Sterad Mabesad Jakarta, Kolonel Inf. Edi Saputra, S.IP, M.Han.

Dalam kegiatan ini, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan Trantibum dan Linmas di desa menjadi kewenangan desa yang bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah desa tetapi juga seluruh warga masyarakat desa. Ketentraman, Ketertiban Umum dan Pelindungan Masyarakat dalam bagian Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, merupakan bagian yang tidak terpisah dari kewenangan desa.

Selanjutnya pada kegiatan ini juga hadir dari Mabes Polri yang diwakili oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri, Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H., M.Si dan dari Markas Besar Angkatan Darat yang diwakili oleh Paban II/Puanter Sterad Mabesad Jakarta, Kolonel Inf. Edi Saputra, S.IP, M.Han yang membahas mengenai wujud sinergitas TNI/Polri serta Kemendagri, terdapat yang namanya Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Satlinmas yang ada di desa-desa. Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Satlinmas berperan untuk melaksanakan tugas keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat di desa.