blog image
Created by : admin - 2021-11-23 08:34:11

(Jakarta, 22/11)-- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) menggelar workshop sosialisasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Hotel Sahid Jakarta. Acara yang diikuti oleh 400 orang lintas kementerian itu akan berlangsung selama empat hari, dari 21 hingga 24 November 2021. 

Dalam sambutan pembukaannya, Sekretaris Ditjen (Sesditjen) Bina Pemdes Mohammad Rizal menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menyosialisasikan arah kebijakan program P3PD bagi pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota. 

“Terkonsolidasinya peran pemerintah daerah dengan pemerintah pusat dalam pelaksanaan program penguatan pemerintahan dan pembangunan desa,” katanya, Senin (22/11/2021).

Rizal menjelaskan, melalui program ini diharapkan akan terwujud pemahaman dan komitmen bersama untuk mendukung pelaksanaan P3PD. Harapan berikutnya yaitu tercapainya belanja desa yang berkualitas, serta terbangunnya komitmen dan dukungan program pemerintah daerah melalui sumber daya manusia (SDM) dan anggaran yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

“Serta yang terakhir meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa,” tambahnya. 

Sebagai informasi, selain diikuti oleh komponen dari Kemendagri, workshop tersebut juga diikuti oleh komponen dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi; Kementerian Keuangan; Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Badan Perencanaan Pembangunan Nasional; serta unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tingkat provinsi dan kabupaten/kota; dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah kabupaten/kota.