blog image
Created by : admin - 2022-02-27 13:02:47

Jakarta (25/2)- Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa melalui Sub Direktorat (Subdit) Fasilitasi Pengelolaan Aset Desa Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) menyelenggarakan Webinar SAPA DESA ke-8 bertajuk Inventarisasi Aset Desa Wilayah Sumatera Selatan melalui zoom meeting disiarkan TV Bina Pemdes secara live. Mewakili Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Lutfi T.M.A, webinar dibuka oleh Kasubdit Fasilitasi Pengelolaan Aset Desa Sugeng Gunawan yang juga bertindak sebagai narasumber dengan moderator Chaidir yang menjabat sebagai Analis Kebijakan Ahli Muda pada Seksi Pemanfaatan Aset Desa. 

"Dari jumlah 2.853 Desa di Provinsi Sumatera Selatan baru 2 (dua) Kabupaten yang menyampaikan Laporan Hasil Inventarisasi Aset Desa kepada Kementerian Dalam Negeri sebagai tindaklanjut Surat Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa atas nama Menteri Dalam Negeri kepada Bupati/Wali Kota Nomor 143/1348/BPD Tanggal 22 Maret 2021 dan surat nomor 143/5546/BPD Tanggal 22 November 2021 Hal Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan Inventarisasi Aset Desa, yaitu Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Banyuasin. Adapun laporan dari Kabupaten Muara Enim dan Banyuasin sebanyak 390 desa atau 13,7% dari jumlah desa yang ada dengan total nilai aset sebesar Rp3.234.544.018.431,00," papar Sugeng. 

Melalui webinar SAPA DESA kali ini, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa akan terus mendorong kabupaten/kota yang belum melaporkan hasil inventarisasi aset desa kepada Menteri Dalam Negeri di mana Kementerian Dalam Negeri akan melakukan update data aset desa dalam setiap bulannya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 239 peserta yang terdiri dari pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi, pejabat DPMD Kabupaten dan Kepala Desa/Perangkat Desa yang ada di Wilayah Sumatera Selatan.