blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:01:56

Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para tokoh lintas agama di Istana Merdeka. Pertemuan mendadak tersebut dilakukan setelah Jokowi kembali dari Palu, Sulawesi Tengah.

Sedikitnya 8 tokoh dari organisasi keagamaan datang ke Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017). Jokowi didampingi oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Pertemuan dilakukan secara tertutup. Namun pembukaan pertemuan masih bisa diliput oleh wartawan. Suara Jokowi terdengar sayup-sayup karena tak menggunakan pengeras suara.

"Apapun agamanya, apapun sukunya, apapun golongannya, untuk menjaga kebinekaan, membangun solidaritas," kata Jokowi.

Dalam pengantar singkat itu Jokowi juga menegaskan bahwa dasar negara Republik Indonesia adalah Pancasila. Selain itu juga ada konstitusi yang mengatur kehidupan bernegara.

Jokowi juga menjamin kebebasan berserikat dan berorganisasi. Tetapi semua harus disesuaikan dengan konstitusi yang telah diatur.

Ada pun perwakilan organisasi keagamaan yang hadir adalah dari PBNU, Muhammadiyah, MUI, Wali Gereja Indonesia, PGI, Perwakilan Umat Buddha Indonesia, Parisada Hindu Dharma, dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu.

(bpn/aan)

sumber: detik.com