blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:03:22

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Republik Indonesia menggelontorkan bantuan bagi korban bencana alam tidak berdasarkan status kebencanaannya. Jadi, apakah suatu bencana bersifat nasional atau daerah, bantuan yang diberikan tetap sama.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pemerintah prihatin dan berduka atas bencana longsor Banjarnegara di Jawa Tengah yang merenggut banyak korban jiwa. Presiden Joko Widodo juga telah datang langsung ke lokasi bencana, Minggu (14/12).
JK mengatakan, ada aturan untuk menetapkan status bencana. "Sebetulnya mau bencana nasional atau bencana biasa, sama saja. Perlakuannya tidak beda sama sekali," kata dia Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (15/12). 

JK optimististis pemerintah bisa menyalurkan bantuan dengan lancar. Terlebih Indonesia sudah beberapa kali menangani bencana alam.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana telah menyalurkan bantuan untuk para pengungsi ketika meninjau lokasi longsor.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan longsor Banjanegara masih bisa ditangani pemerintah daerah. Oleh sebab itu Ganjar belum merasa perlu menetapkan status bencana nasional terhadap musibah longsor itu.

Hingga saat ini, longsor yang terjadi pada Jumat sore lalu ini telah menewaskan sedikitnya 39 orang. Puluhan lainnya belum ditemukan. Sementara pengungsi yang menempati 17 titik pengungsian berjumlah 1.742 orang. 
(sur/agk)


Sumber : http://www.cnnindonesia.com/nasional/20141215130743-20-18200/jk-bencana-nasional-atau-daerah-bantuan-sama/