blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:01:56

Foto: Cici Marlina Rahayu/detikcom

Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghadiri Launching Hasil Local Budget Study (LBS) dan Portal Info-Anggaran yang diselenggarakan oleh Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA). Dalam sambutannya Tjahjo mengapresiasi program yang dijalankan oleh FITRA ini.

"Saya akan sedikit menyampaikan apresiasi untuk FITRA, ini adalah program yang sangat bagus, mampu menjadi mitra pemerintahan," kata Tjahjo di Hotel Aryaduta, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 44-48, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2017).

Tjahjo mengungkapkan inti dan kunci dari transparansi ialah memastikan anggaran tersebut dapat dilaksanakan. Dalam memastikannya tentu harus ada proses perencanaan program serta penganggaran yang selalu dievaluasi setiap tahunnya.

"Saya kira daerah di dalam perencanaan program untuk memastikan perencanaan itu dilaksanakan programnya, salah satu kuncinya harus terbuka, semua harus ikut memonitor," ujar Tjahjo.

Ia mengungkapkan hal seperti itulah yang sedang dipacu dalam peningkatan pelayanan. Khususnya pada E-budgeting.

"Khusus E-budgeting, ini mampu mengurangi indeks korupsi karena masalah penganggaran salah satu bagian kenapa banyak kepala daerah yang terkena OTT," ungkapnya.

"Kami akan terus menggalang mereka melakukan penelitian, daerah yang dipilih FITRA sama seperti Kemendagri, dan harusnya bertambah dan berkembang," imbuhnya.

Acara dengan tema 'Mendorong Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Transparan, Akuntabel, Partisipasif, dan Responsif Gender' ini melakukan studi di 70 kabupaten/kota yang tersebar di 18 provinsi seluruh Indonesia.

Dari hasil studi tersebut terpilihlah 5 daerah terbaik dalam tata kelola anggaran APBD tahun 2016:
1. Kabupaten Kebumen sebagai daerah dengan indeks Transparansi Tertinggi.
2. Kabupaten Bone sebagai daerah dengan indeks Partisipasi Tertinggi.
3. Kabupaten Kulon Progo sebagai daerah dengan indeks Akuntabilitas Tertinggi.
4. Kabupaten Bone sebagai daerah dengan indeks Responsif Gender Tertinggi.
5. Kota Surabaya sebagai daerah dengan indeks Keuangan Daerah Terbaik.

(erd/erd)

sumber: detik.com