blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:01:56

Wakil Presiden Jusuf Kalla (Ari Saputra/detikcom)

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menerima kunjungan Menteri Negeri Urusan Luar Negeri India Vijay Kumar Singh. Keduanya membahas peningkatan kerja sama pertahanan, ekonomi, dan maritim di antara kedua negara.

Pertemuan dilaksanakan di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017). Dalam pertemuan, pemerintah India secara khusus mengundang Wapres JK untuk berkunjung ke India guna meningkatkan kerja sama, setelah suksesnya kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke India beberapa bulan lalu.

"Saya sangat yakin karena kedua negara bertetangga dalam hal kelautan dan dapat menjadi keuntungan bagi keduanya," ujar Kumar kepada wartawan setelah bertemu dengan Wapres JK.

Peningkatan kerja sama dalam sektor kelautan merupakan bagian dari kerja sama Indian Ocean Rim Association (IORA). India menyebut IORA sebagai organisasi yang penting seperti halnya Indonesia.

Menurutnya, Wapres JK juga menyebut IORA sangat penting dan terus memantau perkembangan pertemuan di IORA itu ke depan.

Tidak hanya itu, tim pertahanan India juga telah berada di Indonesia dan telah menjalin komunikasi dengan beberapa pihak untuk menjalin peningkatan hubungan pertahanan kedua negara.

Kumar menyebut ada beberapa sektor dalam kerja sama bidang pertahanan Indonesia dan India yang akan dikuatkan. Salah satunya kendaraan tempur amfibi milik Indonesia.

"Sebagai contoh, kemarin ada foto Presiden Joko Widodo yang meninjau kendaraan tempur amfibi milik Indonesia. Saya pikir itu pencapaian yang besar dan saya yakin delegasi pertahanan India akan mendiskusikan hal itu," terangnya.
(fiq/fdn)

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews

 

sumber: detik.com