blog image
Created by : admin - 2019-12-09 08:50:57

JAKARTA–Forum Diskusi ASN Milenial sebagai Kader Agen Perubahan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Tahun 2019 dilaksanakan di Ruang Rapat Lt. IV Gedung C Ditjen Bina Pemerintahan Desa pada tanggal 4 Desember 2019, hadir 5 (lima) orang pembicara Milenial dari sektor pemerintah dan swasta. Pada awal acara disampaikan  informasi terkait ide gagasan forum ini dilaksanakan, diharapkan akan menjadi potensi kuat untuk mendukung pencapaian Visi Indonesia Emas Tahun 2045 yang didalamnya berbicara tentang World Class Government. Lebih lanjut forum ini diharapkan tidak hanya merefleksikan kreatifitas ASN Milenial di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, selain itu juga sebagai media untuk mendapatkan update informasi positif dan pengalaman yang inspiratif dari para pembicara sehingga dapat menjadi bekal ASN Milenial untuk dapat merespon berbagai tantangan pekerjaan kedepan khususnya untuk dapat mendorong kinerja Ditjen Bina Pemerintahan Desa dimasa mendatang untuk lebih baik lagi.

Hadir sebagai pembicara dalam Forum Diskusi tersebut Friezca Rara Juta-Co-Chair Aparatur Muda (Kemendagri), Penny Feberiana – Aparatur Muda (Kementerian Keuangan), Rizky Ainur H – Kemenkeu Muda (Kementerian Keuangan) Dion & Prima Purba (TEDxJakarta). Dalam forum ini pembicara menyampaikan berbagai informasi gagasan inovasi positif dan pengalaman inspiratif  lainnya yang telah dilakukan dan digagas di sektornya masing-masing.

Pembicara dari Aparatur Muda menyampaikan bagaimana awal mula komunitas ini dibentuk dari kegelisahan dan kerisauan Aparatur Muda Kementerian dan Lembaga yang kemudian diwujudkan dalam aksi pertemuan-pertemuan informal antar Aparatur Muda tersebut untuk sharing, diskusi dan berbagi informasi. Rizky Ainur H – Kemenkeu Muda bercerita bagaimana ASN Muda di Kementerian Keuangan menggagas berbagai program dan kegiatan yang positif dan menjadi wadah kreatifitas Aparatur Kementerian Keuangan, selanjutnya ia juga menceritakan perjalanan transformasi di birokrasi di Kementerian Keuangan yang turut melibatkan masukan dan ide-ide brilian para ASN Muda Kementerian Keuangan. Selain pembicara dari aparatur-aparatur muda inspiratif K/L tersebut hadir juga pembicara dari TEDxJakarta yang memberikan masukan bagaimana membangun critical thinking. 3 (tiga) hal penting yang dapat menunjang hal tersebut yaitu : serap, olah dan keluarkan. Penting bagi ASN Muda untuk memiliki sikap high curiosity, dengan sikap tersebut akan terbangun keinginan dan keberanian untuk mempelajari dan mengkonsumsi informasi-informasi penting di luar kebiasaan dan pengetahuan kita.

Kedepannya forum-forum diskusi ini diharapkan akan terus dilakukan di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa untuk menjadi salah satu upaya percepatan pengembangan SDM unggul di Kementerian Dalam Negeri. (KR_prc)