blog image
Created by : admin - 2022-04-02 13:44:10

Kemendagri melalui Ditjen Bina Pemdes pada tanggal 1 April 2022 menghadiri undangan Bupati Tangerang dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik secara akuntabel, transparan, dan cepat dengan pelaksanaan  sistem informasi keuangan desa yang berkerjasama dengan Bank Jawa Barat Banten (BJB) di kantor Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Sistem informasi keuangan desa (siskeudes) merupakan sebuah sistem yang dibangun oleh Kementerian Dalam Negeri bersama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dalam pelaksanaan kegiatannya Kabupaten Tangerang dengan dukungan dari Bank BJB mengintegrasikan siskeudes utk pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan dan akuntabel dan memudahkan bagi perangkat Pemerintahan Desa di lingkup Kabupaten Tangerang.

Kerjasama yang dilaksanakan antara Bank BJB dengan Kab. Tangerang untuk pemerintahan desa dalam hal proses mempermudah pengelolaan keuangan yang tadinya bersifat konvensional menjadi Cashless/non tunai (transfer ke rekening penerima manfaat), ditambah lagi dengan keunggulan yang bisa mengintegrasikan dengan layanan-layanan perbankan lainnya serta ditambah fitur-fitur verifikasi dimasing-masing tingkatan wilayah pemerintahan, dimana sistem keuangan desa yang dibangun tidak hanya dapat dilakukan melalui website/komputer melainkan sudah mobile dari telepon genggam.

Diharapkan 264 desa di Kab. Tangerang yang akan menggunakan sistem keuangan desa tersebut dapat terbantu dan termudahkan secara maksimal, sehingga seluruh Desa di Kabupaten Tangerang mampu menyelenggarakan pengelolaan keuangan desanya secara mandiri dan menghasilkan laporan keuangan yang relevan sesuai standar laporan keuangan desa  yang telah ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan.

Saat diskusi santai bersama Sekda Kab. Tangerang, Kepala Dinas PMD Kab. Tangerang, Kajari Tangerang, perwakilan dari Kemendes dan Forkopimda Tangerang,  Kasubdit Wilayah II Direktorat Evaluasi Perkembagan Desa, Ditjen Bina Pemdes, Kemendagri  Tiyar Cahya Kusuma dan Analis Kebijakan Ahli Muda Simon Makarios Aruan, secara bersama mengapresiasi baik atas langkah terobosan yang dilakukan Dinas PMD Kab. Tangerang terkait Sistem Informasi Keuangan Desa yang dilaunching hari ini.