blog image
Created by : admin - 2023-05-22 13:08:15

Jakarta – Dalam rangka percepatan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro memimpin rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan dan rencana kerja P3PD tahun anggaran 2023, di Ruang Paramananda, Kantor Ditjen Bina Pemdes, Jakarta Selatan, pada Jum’at (19/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Eko Prasetyanto menyampaikan bahwa realisasi penyerapan anggaran P3PD di tahun 2023 masih sangat rendah.

Lebih lanjut, Eko berharap melalui rapat evaluasi ini dapat ditemukan berbagai masalah yang menghambat proses serapan realisasi anggaran sehingga P3PD ini bisa berjalan dengan baik tanpa adanya delay time.

“Serapan kita itu masih sangat rendah, masih 10%. Oleh karena itu, perlu ada beberap hal, mari kita cermati hal-hal apa yang mungkin menghambat serapan kita sampai dengan tahun anggaran ini. Kemudian Bapak dan Ibu dengan adanya pertemuan ini, saya berharap juga dikemukakan hal-hal yang belum bisa kita laksanakan dan ini sangat perlu segera kita lakukan,” katanya.

Rapat kali ini juga membahas terkait dengan rencana pelaksanaan kick of meeting secara nasional yang akan dibuka oleh para pemimpin di Kementerian dan Lembaga, agar supaya pemerintah daerah dan masyarakat tahu terkait program P3PD yang di kelola oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa & PDTT, Kementerian Koordinator PMK dan BAPPENAS.

Dirjen Bina Pemdes selaku Kepala Coordinator Project Management Unit (CPMU) menekankan pentingnya pelaksanaan kick of meeting secara nasional.

“Kick of meeting ini mempunyai peran sangat penting sekali mengenai P3PD, oleh karena itu bapak dan ibu mari kita rumuskan bersama apa yang perlu kita lakukan pada waktu kick of meeting. Sehingga maksud tujuannya mau kemana arahnya, apa saja pembagiannya, seperti apa, lokasinya bagaimana, itu bisa betul-betul kita formulasikan dengan baik,” ungkap Eko Prasetyanto.

Turut menghadiri dalam rapat ini, Sekretaris CPMU TB Chaerul Dwi Sapta, Central Project Implementing Unit (CPIU) Komponen 1 Kementerian Dalam Negeri Paudah, Perwakilan Project Implementing Unit (PIU) Kompenen 1 2 dan 3, Senior Advisory CPMU P3PD, Tenaga Ahli CPMU, serta perwakilan National Management Consultant (NMC).