blog image
Created by : admin - 2023-05-22 12:00:21

Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro memimpin rapat percepatan penyerapan dan realisasi anggaran, di Kantor Ditjen Bina Pemdes, Jakarta, Senin (8/5/2023). 

Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto mengungkapkan bahwa dalam Urutan realisasi anggaran di Kemendagri, Ditjen Bina Pemdes berada di posisi ke-5 dan menjadi tugas bersama untuk dipertahankan. 

Menurutnya, sangat perlu memperhatikan target waktu dalam penyerapan anggaran kedepannya, agar  dapat menyelesaikan program kerja. 

Eko Prasetyanto juga menekankan bahwa diupayakan dengan sangat maksimal sebelum tanggal 20 Oktober 2023 penyerapan sudah selesai karena akan dilaksanakan masa kampanye pada waktu tersebut. 

"Oleh karena itu, segala bentuk program kerja yang berhubungan dengan tugas dan fungsi kita harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Setidaknya ada 3 hal yang menjadi penekanan pada rapat ini yaitu memperhatikan target dan waktu capaian program, memperhatikan time line P3PD dan menyesuaikan kebutuhan akan substansi dan SOTK baru pads Ditjen Bina Pemdes," ujar Eko. 

Selain itu, diperlukan juga kerjasama dan kolaborasi yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing.

"Saya berharap semua dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan ada kerjasama yang baik diantara kita dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi" ujar Eko.

Rapat penyerapan anggaran ini  menjadi momentum untuk meningkatkan kinerja pejabat eselon 2, pejabat administrator dan pengawas atau yg disetarakan untuk bersama sama mewujudkan langkah-langkah konkrit dalam pelaksanaan program- program yang sudah direncanakan sebelumnya untuk menyesuaikan dengan SOTK baru dan menghasilkan pekerja yang profesional dalam bertugas dan transfer Knowladge.

"Melalui acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, khususnya direktorat dan sub dit atau bagian yang masih rendah dalam proses penyerapan anggaran," kata Eko. 

"Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, yang turut serta ikut dalam acara ini," tambah Eko. 

Pada rapat ini hadir Sektretaris Ditjen Bina Pemdes Paudah, Direktur Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desa, Data dan Evaluasi Perkembangan Desa Mohammad Noval,  Direktur Fasilitasi Kerjasama, Lembaga Pemerintah Desa, dan BPD Murtono, Direktur Fasilitasi Penataan dan Administrasi Desa Matheos Tan,  Direktur Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan Adat Desa, PKK dan Pos Posyandu Chaerul Dwi Sapta, dan Direktur Fasilitasi Perencanaan, Keuangan dan Aset Pemerintah Desa Lutfi. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi  yang hadir dalam rapat realisasi ini, dan berharap ini dapat terus ditingkatkan dan dipertahankan," tutup Eko.