blog image
Created by : admin - 2022-03-21 10:18:27

Timor Tengah Selatan (TTS-NTT)-Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Bina Pemdes) Kementerian dalam Negeri (Kemendagri), Yusharto Huntoyungo bersama staff didampingi Sekretaris I TP PKK Pusat Irma Zainal beserta Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Victor Manek melakukan audiensi dengan para pimpinan Organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Kegiatan berlangsung di rumah jabatan Bupati TTS, di Kota Soe, Jumat malam 18 Maret 2022.

Bupati TTS, E. Tahun menyampaikan terima kasih kepada kepada Kemendagri melalui Ditjen Bina Pemdes atas kegiatan pelatihan bagi aparatur desa dari kabupaten TTS. Bupati menjelaskan bahwa saat ini Pemkab TTS tengah berkonsentrasi pada penanganan Stunting yang masih berada pada tingkat satu, level tertinggi dari semua kabupaten/kota yang ada di NTT.

"Kami gencar penurunan stunting dengan menyiapkan tenaga kesehatan di setiap desa, berupa bidan dan perawat, bahkan sebagian desa sudah memiliki tenaga sanitarian" ujar Bupati TTS.

Bupati juga merasa terbantu dengan pola penyelenggaraan Pemdes berbasis aplikasi yang sudah ada yakni Siskeudes, Sipades hingga Prodeskel. Hal ini menurutnya membantu menyajikan data untuk bisa bisa diintervensi dalam bentuk kegiatan.

Dirjen Bina Pemdes pun mengapresiasi Pemkab TTS yang sudah mendukung kegiatan kegiatan penyelenggaraan Pemdes, yang menurut Yusharto dalam waktu dekat akan banyak pelatihan yang lebih masif dilakukan bagi perangkat desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan pengurus PKK desa melalui pendanaa Program penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD.

" Tiga komponen ini perlu diperkuat di desa, karena menjadi modal pembangunan desa yang berdampak ke pembangunan Kabupaten TTS ini," tegas Yusharto