blog image
Created by : admin - 2022-02-05 08:29:04

Tangerang - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo Meninjau Pengembangan Wisata Mangrove di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Jumat, 4 Februari 2022. Yusharto mengungkapkan pengembangan desa wisata mangrove merupakan inovasi yang baik bagi keberlanjutan ekosistem, dan juga menjadi tempat edukasi wisata bagi masyarakat umum. 

Yusharto menyarankan kepada Pemerintah Desa Tanjung Pasir agar memanfaatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mengelola wisata dan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) untuk proses pengembangan wisata mangrove. 

“Kepada Kepala Desa, kami menitipkan pesan agar pengembangan desa wisata dapat dilakukan dengan kerjasama desa baik dengan desa lain atau dengan pihak ketiga,” ungkap Yusharto.

Yusharto juga menyarankan kepada Pemerintah Desa Tanjung Pasir agar berkoordinasi dengan Ditjen Bina Pemerintahan Desa terkait Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Kepala Desa Tanjung Pasir Arun berharap mendapat bantuan dana dari pemerintah terkait pembangunan wisata mangrove. Menurut Arun penggunaan dananya akan digunakan untuk membuat sarana dan prasarana seperti Gazebo, pembuatan ikon, dan ruang untuk UMKM. 

Arun mengatakan pengembangan wisata mangrove ini kedepannya akan menjadi ikon destinasi wisata yang baru di Kabupaten Tangerang. 

“Dengan dukungan dari semua pihak, wisata mangrove ini, bisa menjadi ikon Kabupaten Tangerang, selain itu melalui mangrove ini juga bisa menjadi tempat edukasi mangrove bagi masyarakat,” ujar Arun. 

Camat Tanjung Pasir Zam Zam Manohara mengungkapkan akan mendukung penuh proses pembangunan wisata mangrove. 

“Kita mendukung penuh dari sisi regulasi,  kerjasama, hingga pemberdayaan fasilitas,” kata Zam Zam.

Zam Zam menerangkan saat ini Pemerintah Kabupaten Tangerang sedang menjalin Kerjasama dengan PT Perhutani terkait lahan yang akan digunakan dalam pengembangan wisata mangrove. 

Wisata mangrove ini terletak tidak jauh dengan Pantai Tanjung Pasir yang direncanakan akan menjadi destinasi unggulan ke depannya.