blog image
Created by : admin - 2021-10-05 07:47:00

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) adalah problematika wilayah Provinsi Riau. Namun sebuah ide cerdas berhasil melahirkan decak kagum, pujian juga kunjungan. Sebuah embung disulap menjadi lokasi tujuan wisata mengatasi Karhutla di Kabupaten Siak. Melengkapi pesona destinasi wisata Siak, Kampung Dayun tak hanya menyedot wisatawan, namun juga menggaet sederat prestasi dan penghargaan. Jika liburan di Kabupaten Siak, Kampung Dayun harus diagendakan!

 

Embung atau kolam air di Kampung Dayun berada di kawasan terbuka hijau yang awalnya diperuntukkan sebagai kolam cadangan air mengantisipasi Karhutla di kampung itu. Namun berkat inovasi para pemuda setempat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), embung itu disulap menjadi spot wisata yang menarik dengan fasilitas arena permainan.

Pengunjung yang membawa anak bakal dimanjakan dengan aneka permainan seru, mulai dari bebek dayung, permainan outbound seperti flying fox, shaking bridge (jembatan bergoyang), monkey bridge (jembatan tali), area camping, mobil-mobilan untuk anak-anak dan kereta api mini.

Sebenarnya, di Kampung Dayun itu ada obyek wisata yang paling terkenalnya, yaitu Taman Nasional Zamrud (TNZ). Dengan adanya Embung Kampung Dayun, maka area ini bisa menjadi semacam terminal singgah bagi pengunjung yang akan ke TNZ. Yang pastinya, di lokasi embung berada, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas daerahnya serta melihat pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang karyanya bisa menjadi suvenir," katanya.

Di Embung Kampung Dayun, pelancong juga bisa menikmati spot-spot foto yang instagramable, tak hanya Taman Tengku Agung lho. Banyak spot menawan, jika diunggah bisa jadi iming-iming ke para netizen untuk tertarik mengunjungi Kampung Dayun di Kabupaten Siak ini.

Saking kreatif dan eloknya wisata desa ala Kampung Dayun ini, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 berhasil diraihnya. Tak hanya soal kesigapan para aparatur desa yang serius bergerak mengembangkan potensi desanya, namun juga tata Kelola pemerintahan desanya, penggunaan dana desanya, serta manajemen informasi di desa juga maju. Tak heran, di pertengahan bulan Februari 2021, Direktorat Jenderak Bina Pemerintahan Desa antusias mengunjungi Kampung Dayun. Dan membuktikan bahwa Kampung dayun memang layak jadi inspirasi desa-desa di seluruh Indonesia, utamanya mengembangkan potensi wisatanya.

Kampung Dayun juga kian melengkapi pesona wisata di kabupaten Siak, selain ada Asseraiyah Al Hasyimiah, Benteng Tangsi Belanda, Jembatan Agung Sultanah Latifah, hingga Tepian Bandar Sungai Jantan dan tentu saja TNZ.

Kalau jadi keren seperti Kampung Dayun, kesejahteraan seluruh masyarakat desa tinggal menyambut saja. Nah, jadi kapan mau kunjung ke Kampung Dayun? Siapkan diri dan perbekalannya yuuk!

Foto-foto: pesonasiak.id, tribunpekanbaru, pbs.twimg.com dan Ditjen Bina Pemdes Kemdagri.