blog image
Created by : admin - 2019-10-26 14:03:22

Banyumas - Arus kendaraan para pemudik yang melintasi jalur Tengah dan Selatan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada H-4 lebaran terpantau sudah mulai meningkat. Dari data Minggu (12/7) kemarin jumlah kendaraan yang melintas mencapai 1.500 per jam dan hari ini naik 60% menjadi 2.500 per jam.

"Hari ini, jumlah kendaraan yang melintas mencapai 2.500 per jam atau telah meningkat dai hari sebelumnya yang mencapai 1.500 per jam. Kenaikannya telah mencapai 60% jika dibandingkan dengan hari sebelumnya," kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas, Agus Sriyono, Senin (13/7/2015).

Dari jumlah tersebut, sekitar 80%-90% di antaranya merupakan sepeda motor Dia memperkirakan puncak arus mudik yang melalui jalur tengah dan jalur selatan akan mencapai puncaknya pada H-3 hingga H-2 Lebaran atau Selasa-Rabu (14-15/7)

"Jalur tengah dan selatan Banyumas didominasi oleh sepeda motor. Hanya sekitar 10% hingga 20% saja mobil pribadi. Kami memperkirakan pada saat arus puncak, sepeda motor tetap mendominasi," ujarnya.

Dia mengimbau untuk para pemudik agar berhati-hati saat melintasi jalur tengah dan selatan antara perbatasan Brebes - Banyumas, Pekuncen, Ajibarang dan memasuki jalur selatan melalui Wangon, Jatilawang, Rawalo sampai perbatasan Banyumas-Kebumen karena jalannya bergelombang.

"Kami mengimbau kepada pemudik yang kelelahan untuk memanfaatkan tempat-tempat istirahat," ujarnya.

Dari pantauan di lapangan meningkatnya arus kendaraan menyebabkan kepadatan kendaraan seperti di pasar Ajibarang, pasar Wijahan Kecamatan Kemranjen di mana banyak masyarakat sekitar yang berbelanja guna kebutuhan lebaran.

Selain itu, titik kemacetan lainnya berada di perlintasan sebidang Sumpiuh dimana kepadatan terjadi akibat pasar tumpah dan tingginya frekuensi perjalanan kereta api yang melintas setiap 16 menit sekali dan didominasi oleh kendaraan roda dua dan empat berplat B.

"Arus kendaraan padat lancar dan didominasi oleh pemudik motor dan mobil," kata Kapospam II Ajibarang AKP I Putu Krisna. 
(arb/try)

Sumber: detik.com