blog image
Created by : admin - 2021-11-29 21:49:53

(Jakarta, 29/11)-- Bertema ASN Bersatu, KORPRI Tangguh dan Indonesia Tumbuh, Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) merayakan ulang tahunnya yang ke-50 di Auditorium dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada hari Senin 29 November 2021. 

Gelaran tersebut diadakan baik secara daring dan luring. Dalam kesempatan tersebut juga diputar video Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyampaikan selamat ulang tahun kepada KORPRI yang ke-50, terutama yang sedang bertugas di perbatasan, tempat-tempat terpencil, di pulau-pulau terluar Indonesia. 

"Saya mengapresiasi Dharma bakti, pengabdian dan kerja keras KORPRI, dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan. Anggota KORPRI yang tersebar di penjuru tanah air telah menjadi simpul persatuan, menjadi simpul kesatuan bangsa, serta mewujudkan kehadiran untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya.

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo turut menghadiri secara daring helatan tersebut di Ruang Rapat Nawasena, Gedung Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa,  Jakarta. Dalam lokasi acara turut hadir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional sekaligus Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh. 

Dalam kegiatan tersebut, Zudan menyampaikan, Aparatur Sipil Negara (ASN)-lah yang menggerakkan birokrasi dan menatakelola ribuan triliun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). 

"Kalau kita tidak amanah, kalau kita tidak tertib, disiplin, apa yang menjadi kewenangan dan kekuasaan kita, kita tidak akan bisa menjadikan bangsa kita untuk berlari lebih cepat dan terbang lebih tinggi. Harapan kita semua, ASN biasa terus bersatu. ASN yang bersatu akan menjadi kemajuan Indonesia, bisa menjaga dari intervensi politik," ujarnya.

Lanjutnya, "Suatu saat nanti, kita masuk kepada otonomi birokrasi. Otonomi birokrasi adalah sebuah sistem, dimana birokrasi dilepaskan atau diminimalkan dari pengaruh-pengaruh politik".