blog image
Created by : admin - 2022-03-24 10:14:47

Jakarta (23/3)- Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) memantau secara virtual via zoom meeting pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur. Pemantuan virtual dipimpin oleh Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa (PAPD) Aferi S. Fudail didampingi Kepala Sub Direktorat Fasilitasi Administrasi Pemerintah Desa Direktorat Penyelenggara Administrasi Pemerintah Desa Ratna Andriani, Rabu (23/3). 

Berdasarkan audiensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya Pilkades serentak menampilkan TPS Sampel dari Desa Cangkringmalang Kecamatan Beji. 

"Secara keseluruhan jumlah desa pelaksana pada Pilkades 2022 sebanyak 54 desa yang tersebar di 21 kecamatan," ujar Anang. 

Dari hasil pemantauan bersama jajaran Forkopimda, didapatkan data bahwa gelaran pesta demokrasi rakyat tersebut diikuti oleh 173 calon Kades terdiri dari 163 laki-laki dan 10 perempuan. 

Menurut laporannya juga bahwa capaian vaksinasi di Pasuruan sudah memenuhi target di atas 70 persen. Bahkan 73 persen dari total jumlah DPT di Kabupaten Pasuruan sebanyak 185.648 orang yang tersebar di 417 TPS, sudah terkonfirmasi divaksin. 

Merespon hal tersebut, Aferi pun mengapresiasi pelaksanaan Pilkades Kabupaten Pasuruan, serta mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, meski pandemi sudah melandai, namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan dalam tahapan selanjutnya pada saat penghitungan suara dan pelantikan kepala desa terpilih. 

"Semoga Kepala Desa terpilih dapat mengemban tugas dengan amanah, berintergritas, dan bisa menjalankan pemerintahan dengan baik guna mewujudkan pembangunan desa yang maju," pungkas Aferi.