blog image
Created by : admin - 2021-11-15 14:57:27

Sidang 36th Technical Committee (TC-36) Meeting of CIRDAP and International Workshop dilaksanakan pada tanggal 3 – 4 November 2021 di Jakarta Indonesia.Rangkaian Pelaksanaan Sidang TC-36 CIRDAP diawali dengan kegiatan Internasional Workshop Learning from Covid-19 Experiences and the Future Scenario of Village Governance pada 26 Oktober 2021 dan Internasional Workshop Village Digitalization as an Instrument for the Promotion of Village Development and Economic Empowerment in the Context of Village Governancepada tanggal 3 November 2021, sedangkan Sidang TC-36 CIRDAP dilaksanakan pada tanggal 4 November 2021.Sidang 36th Technical Committee (TC-36) Meeting of CIRDAPand International Workshop Tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A. PhD – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, hadir dalam acara pembukaan kegiatan Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd – Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Pejabat Eselon I lingkup Kemendagri, Dr. Cherdsak Virapat – Direktur Jendeal CIRDAP dan Dr. Joy Elamon - Direktur Jenderal KILA, India.  Selain membuka secara resmi kegiatan, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A. PhD- Menteri Dalam Negeri melakukan pencanangan Balai Pemerintah Desa di Jogjakarta menjadi Balai bertaraf Internasional dan menyaksikan Penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Pemerintah Indonesia melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri yang diwakili oleh Dr. Yusharto Huntoyungo dan Kerala Institute of Local Administration (KILA), India yang diwakili oleh Dr. Joy Elamon.

Technical Committee (TC) Centre on Integrated Rural Development for Asia and the Pacific (CIRDAP) ke-36 dan Workshop Internasional Tahun 2021, diselenggarakan bertujuan untuk membangun peluang kerja sama antara Ditjen Bina Pemdes dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan juga sebagai salah satu wadah bagi pemerintah Indonesiauntuk mempromosikan keberhasilan pelaksanaan tata kelola penyelengaraan pemerintah desa di tingkat internasional.

Internasional Workshop Village Digitalization as an Instrument for the Promotion of Village Development and Economic Empowerment in the Context of Village Governancedilaksanakan secara hybridmelalui aplikasi zoom dan ditayangkan secara live pada kanal YouTube TV Bina Pemdes pada tanggal 3 November 2021 di Jakarta, Indonesia. Kegiatan terselenggara berkat kerja sama antara Pemerintah Indonesia melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dengan Centre on Integrated Rural Development for Asia and the Pacific (CIRDAP), dan dukungan dariKOMPAK Australia-Indonesia, danASB Indonesia Philippines.  Narasumber yang hadi pada kegiatan ini yaitu; Dr. Yusharto Huntoyungo – Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kepala Biro Tata Pemerintahan Provinsi D.I. Yogyakarta mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Yogyakarta, Bupati Kabupaten Bantul dan Kepala Desa Sri Mulyo.

Selain itu delegasi dari Negara Anggota CIRDAP juga melakukan sharing experience terkait dengan isu “ Village Digitalization as an Instrument for the Promotion of Village Development and Economic Empowerment in the Context of Village Governance” di negara masing-masing, yakni: Md. Shahjahan-Bangladesh, Mrs. Sherin-Iran, Isran Mohammad Khan-Pakistan dan Dr. Vaninda-Thailand.

 

 

Sidang TC-36 CIRDAP

Sidang TC-36 CIRDAP dilaksanakan secara hybrid melalui aplikasi zoom pada tanggal 4 November 2021. Sidang membahas 17 Agenda pokok bahasan dan diikuti sebanyak 11 (sebelas) negara anggota CIRDAP antara lain Bangladesh, India, Indonesia, Iran, Malaysia, Myanmar, Pakistan,  Philippina, Srilanka, Thailand dan Vietnam, sedangkan negara anggota yang tidak dapat hadir adalah Afghanistan, Nepal, Fiji, selain itu sidang juga dihadiri oleh observer CIRDAP dan Expert CIRDAP.

Delegasi Indonesia terdiri dari Dr. Yusharto Huntoyungo – Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri (Ketua Delegasi) dengan anggota delegasi Dr. Paudah, M.Si– Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa,Dr. Heriyandi  Roni- Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri dan Dr. Cecep Effendi. Pada acara Sidang TC-36 CIRDAP dibahas 17 agenda sidang terkait program kerja CIRDAP tahun 2022 – 2023 dan evaluasi pelaksanaan kegiatan CIRDAP tahun 2021. Dr. Yuharto Huntoyungo, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri terpilih menjadi Chairperson Sidang Ke-36 Technical Committee CIRDAP (TC-36) dan memimpin jalannya sidang Technical Committee.

 

Workshop Internasional dengan tema Pengelolaan Desa Melalui Tata Kelola Desa Untuk Pembangunan dan Pemberdayaan Ekonomi Desa Berbasis Digital pada tanggal 3 November 2021
Link sertifikat : https://bit.ly/sertifikatcirdap


Berikut disampaikan bahan materi workshop internasional hari ini. Link Materi : bit.ly/tc36cirdap