blog image
Created by : admin - 2021-10-25 10:11:59

(Jakarta)—Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) kembali melakukan pemantauan secara virtual di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Pada Pilkades tahun ini di Kabupaten Lebak dilaksanakan untuk memilih Calon Kepala desa (Cakades) di 264 desa yang tersebar di 28 kecamatan. Samplel pemantauan adalah Desa Cilangkap Kecamatan Kalang Anyar yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 24 Oktober 2021.

Pada webinar guna memantau pelaksanaan Pilakdes serentak tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Yusharto Huntoyungo berkomunikasi dengan Asisten I Setda Kabupaten Lebak, Unsur Pengamanan dan Satgas Covid-19 Kabupaten untuk melaporkan persiapan baik aspek logistik, keamanan, protokol kesehatan maupun lainnya, dan Kepala Dinas PMD Kabupaten pelaksana Pilkades serentak selanjutnya di Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Pemantauan virtual pelaksanaan Pilkades tersebut juga dihadiri perwakilan dari Kementerian/Lembaga lainnya, yaitu Kemendagri (Ditjen Bina Keuangan Daerah, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan), Kepolisian Republik Indonesia, TNI, BNPB, Kemenko Bidang Perekonomian, BPKP, Kemenkomarinves, Kemenkes, Kemendes PDTT, dan Kemenkeu.

Asisten I Setda Kabupaten Lebak Alkadri, S.IP., M.Si  menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Lebak sudah menyesuaikan regulasi melalui Peraturan Bupati Nomor 11 Tahun 2021 dan Peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2021 yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS. Selain itu, keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 telah dinyatakan oleh Surat Bupati Lebak Nomor 141/1734-DPMD/X/2021 tanggal 8 Oktober 2021 hal Laporan Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Lebak Tahun 2021.

“Jumlah TPS di Kabupaten Lebak sebanyak 1.704 dengan jumlah DPT sebanyak 775.343 orang. Terdapat satu desa di Kabupaten Lebak yang menunda pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2021 yakni Desa Darmasari Kecamatan Bayah,” imbuhnya.

Yusharto menegaskan bahwa sejauh ini berdasarkan pengamatan dan laporan, pelaksanaan Pilkades serentak di Lebak dari tahapan pemungutan suara sampai dengan penghitungan suara berlangsung dengan aman terkendali dan sesuai dengan protokol kesehatan.

 

Foto: Dok. Ditjen Bina Pemdes/Puspen Kemendagri.