blog image
Created by : admin - 2021-12-05 19:53:37

(Jakarta, 5/12)—Di pekan pertama bulan Desember 2021, sejumlah kabupaten melaksanakan Pemilihan kepala desa (Pilkades). Salah satunya adalah pada 5 Desember 2021 di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur yang melaksanakan Pilkades serentak di 12 desa yang tersebar di 8 kecamatan dan diikuti oleh 37 calon kepala desa (Cakades), 34 Cakades laki-laki dan 3 Cakades perempuan, dengan jumlah DPT sebanyak 50.899 pemilih yang tersebar di 115 TPS.

“Latar belakang dari para Cakades, ada lima Cakades yang pernah menjabat sebelumnya, lalu unsur lainnya ada yang berasal dari ASN, swasta serta dari unsur Pendidikan,” ujar Suwadji Asisten I Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Malan yang juga Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD).

Suwadji pun melaporkan secara virtual kepada Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Malang sudah menyesuaikan regulasi melalui Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pilkades yang di dalamnya telah mengatur mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS. Selain itu, keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 telah dinyatakan oleh Surat Bupati Nomor 141/10960/35.07/119/2021 tanggal 30 November 2021 hal Laporan Kesiapan Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak Gelombang Kesatu di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Pemantauan virtual yang dilakukan Ditjen Bina Pemdes hari ini untuk pelaksanaan Pilkades Kabupaten Malang dipimpin oleh Direktur Penataan dan Adiministrasi pemerintahan Desa (PAPD) Aferi S. Fudail didampingi moderator Ratna Andriani.

“Hari ini kami bisa menyaksikan TPS sampel dari 12 desa pelaksana secara virtual dan mendapatkan laporan langsung dari panitia di TPS 12 Desa Wandanpuro Kecamatan Bululawang, yang menunjukkan bahwa semua prosedur sudah sesuai Permendagri No 72 Tahun 2020. Sinergi pengamanan TNI dan Polri juga berjalan sangat erat dan baik,” ujar Aferi.

Pada kesempatan tersebut, seluruh peserta webinar pantauan Pilkades serentak di Kabupaten Malang juga melihat panitia TPPS yang kompak memakai kostum pakaian adat. Sehingga menambah semarak pesta rakyat tingkat desa hari ini. “Semoga semua lancar dan tetap disiplin protokol kesehatan sejak pemilihan hingga pelantikan,” pesan Aferi.

Terkait protokol Kesehatan, Suwadji menegaskan bahwa prosedur kesehatan mewaspadai Covid-1 dilakukan dengan ketat, kemudian vaksinasi di Kabupaten Malang sudah mencapai 59,4 persen masyarakat, yang harapannya di akhir tahun sudah sepenuhnya 100 persen.