blog image
Created by : admin - 2021-10-15 13:06:22

 

Desa Bukit Raya merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Desa ini merupakan desa pertama yang ditempati oleh transmigrasi Jawa, yang dulunya disebut dengan Sepaku I. Desa ini dipimpin oleh Kepala Desa Definitif yaitu Bapak Sunoto, S.Sos. Kondisi umum Desa, meliputi luas wilayah permukiman Desa Bukit Raya sendiri sekitar 36.000 Ha diluar hutan serta beberapa wilayah konservasi perusahaan. Sementara, jumlah penduduk pada bulan Mei 2021 sebesar 2.904 jiwa dengan 906 Kepala Keluarga. Dari segi social budaya, setiap bulannya Desa Bukit Raya memiliki agenda gotong royong di lingkup RT masing-masing. Desa Bukit Raya merupakan Juara II dari Lomba Desa dan Kelurahan di Tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Terdapat beberapa Program serta Inovasi yang dikembangkan oleh Desa Bukit Raya, antara lain:

  1. Dari segi perekonomian, sebagai bentuk perwujudan peningkatan perekonomian Desa Bukit raya memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). BUMDES ini dibentuk dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat desa, serta dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Bidang usaha BUMDES ini meliputi; membuka peluang usaha. penyediaan ATK serta alat pos, pengelolaan tanah kas desa yang dialihkan sebagai perkebunan sawit, serta penyediaan layanan digital printing.
  2. Dari segi social budaya, Desa Bukit Raya memiliki kegiatan yang dilakukan setiap bulannya, yakni kegiatan gotong royong di lingkungan RT masing-masing yang digunakan sebagai adat-istiadat desa ini.
  3. Selain itu Desa Bukit Raya dalam bidang social memiliki inovasi yaitu Sedekah Seribu Sehari (S3) serta Sedekah Jumat. Kedua inovasi ini digunakan sebagai pelopor serta barometer bagi desa yang lain. Baik S3 maupun Sedekah Jumat ini juga sebagai menyalurkan sedekah dari masyarakat, seperti yang dilakukan pada bulan Ramadhan.
  4. Dari segi Sumber Daya Manusia, dalam rangka menyongsong kehadiran Ibu Kota Baru yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara ini, Desa Bukit Raya juga telah mempersiapkan Sumber Daya Manusia di Desa ini melalui pelatihan menjahit serta digital printing. Pelatihan ini tentunya dibiayai oleh bantuan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Hal ini tentunya dilakukan agar masyarakat Desa Bukit Raya mampu bersaing dengan para pendatang di Ibu Kota Negara.
  5. Desa Bukit Raya juga merupakan salah satu Desa Siaga Covid-19. Dimana, Desa Bukit Raya telah membentuk Tim Gugus Tugas Covid-19. Berbagai kegiatan juga dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 ini, antara lain; penyemprotan desinfektan di berbagai fasilitas umum serta tempat pelayanan public secara rutin, pembentukan posko PPKM berskala Mikro di setiap RT di Desa Bukit Raya, serta melaksanakan vaksinasi bagi pelayan public dan lansia.
  6. Dari segi Media, Pemerintah Desa Bukit Raya selalu transparan dalam memberikan berbagai informasi kepada masyarakat melalui tiga platform media social, yakni; Website Desa yang dapat diakses melalui halaman www.desa- bukitraya.penajamkab.go.id , selain itu juga terdapat channel youtube Desa Bukit Raya, yang mana channel youtube ini dikemas dalam bentuk news channel yang bertajuk “Salam Bukit Raya” serta instagram desa yaitu @desabukitraya_sepaku.

Berbagai program serta inovasi dari Pemerintah Desa Bukit Raya inilah yang menjadikan Desa ini layak untuk memperoleh Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur pada Tahun 2021. Diharapkan dengan adanya berbagai program serta inovasi ini, Desa Bukit Raya dapat digunakan sebagai barometer serta role model bagi desa lainnya.