blog image
Created by : admin - 2021-10-07 09:22:25

Ada Kang Bejo di Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah Kalimantan Timur (Kaltim). Ini adalah nama program inovasi desa. "Kang Bejo" adalah Kangkung Sumber Rejo, kebun kangkung yang dijadikan wisata edukasi hasil kerja para kelompok tani yang bersama-sama mengembangkan sayur kangkung. 

(Sumber Rejo, 6/10)--Kelurahan Sumber Rejo adalah salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim. Luas wilayah Kelurahan Sumber Rejo yakni 220,05 Ha, dengan 59 Rukun Tetangga (RT). Sementara, untuk jumlah penduduk pada tahun 2020 sebesar 20.630 jiwa. Kelurahan ini dipimpin oleh Lurah Umar Hadi.

Kelurahan Sumber Rejo berhasil menyabet gelar Juara I dari Lomba Desa dan Kelurahan di Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2021. Program serta Inovasi yang dikembangkan oleh Kelurahan ini mampu memikat para juri. Di antaranya adalah pelestarian adat dan budaya, seperti mengadakan tradisi penyambutan tamu dengan tarian khas Kaltim di wisata edukasi Kang Bejo. Selain itu, secara rutin melaksanakan kegiatan seni budaya, pencak silat, serta seni teater operet.

Keunggulan lainnya adalah lebih banyak bergerak pada bidang home industry, seperti industri pembuatan kerupuk di RT 11 dan RT 58, pembuatan mebel dan dekorasi dinding RT 58, RT 7 dan RT 50, industri pengolahan jamu di RT 7. Kemudian peternakan dan penjualan kambing di RT 29, budidaya dan penjualan ikan di RT 57 serta peternakan ayam birma di RT yang sama.

Inovasinya umumnya ya Kang Bejo, lalu Anjungan Pelayanan Mandiri Masyarakat Kelurahan Sumber Rejo (Anyaman) Mas Bejo, Pagar Mantep, Gerakan Wanita Matilda (GWM), Pemanenan dan Pemanfaatan Air Hujan di SMPN 22 Balikpapan serta Tanggap Bencana. Inovasi "Kang Bejo" berupa kebun kangkung seluas sekitar 1,7 Hektar. Wisata edukasi Kang Bejo dilengkapi inovasi barcode di setiap tanaman, wisata kuliner, berbagai olahan berbahan kangkung, pengolahan produk berbahan dasar kedelai, serta tanaman hidroponik yang lainnya seperti tanaman selada. Kemudian juga menjual berbagai produk UMKM masyarakat sekitar.

Sementara, dalam hal upaya kesehatan kerja petani "Kang Bejo", juga telah dilakukan penandatanganan komitmen pembentukan UKK Tani Kang Bejo. Yang tak kalah hebat, Kelurahan Sumber Rejo merupakan peraih penghargaan Juara I Lomba Pokdarwis Tingkat Kota Balikpapan. Bahkan ditetapkan sebagai salah satu kampung tangguh nusantara oleh Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si.

Untuk Inovasi Anyaman Mas Bejo dilengkapi oleh berbagai fitur pelayanan publik, seperti; Layanan kelurahan, layanan dukcapil, layanan perizinan, pendaftaran IMTN mobile, layanan dinas ketenagakerjaan, layanan pengaduan online, info Balikpapapan, serta info Covid-19.

Lalu ada juga pengembangan inovasi SMART, yakni inovasi Sistem manajemen RT oleh RT 26 Kelurahan Sumber Rejo. Aplikasi ini dilengkapi oleh surat pengantar RT 26, Anyaman Mas Bejo, Pengaduan 26, Posyandu 26, serta Wacat RT Capil. Sedangkan inovasi Pagar Mantep, dilengkapi oleh pembentukan kelompok tani, pembentukan kelompok tani wanita, pemanfaatan lahan pemerintah kota untuk bercocok tanam.

Kelurahan ini juga menjadi kampung siaga Covid-19, kampung ketahanan pangan, kampung tangguh nusantara, pembentukan Satgas tingkat Kelurahan Covid-19 di 59 RT dengan segala kegiatan terkait penanggulangan pandemi, serta Posyandu era baru hingga pemungutan suara secara Door to Door.  

Wow, Sumber Rejo memang layak jadi Juara Pertama.

 

Foto: Dok. Pemkab Balikpapan Tengah.