Pengumuman
X

PROGRAM PENGUATAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN DESA (P3PD)

http://binapemdes.id/artikel/detil/b6d767d2f8ed5d21a44b0e5886680cb9


⋅ Presiden disambut tarian adat di Banjarmasin ⋅ ⋅ Bupati Banjarnegara Perpanjang Masa Tanggap Darurat ⋅ ⋅ Tragedi Banjarnegara, 108 Jiwa Tertimbun dalam 5 Menit ⋅ ⋅ Dana Cadangan Bencana Triliunan Rupiah ⋅ ⋅ Mendagri tegaskan tak ada pemilih ganda jika KPU pakai DP4 Kemendagri ⋅

PENGUATAN PERAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DAN LEMBAGA ADAT DESA MELALUI BIMTEK BAGI APARATUR PEMDA




10-10-2019, 11:07 WIB    121 Kali    Dir Kelembagaan dan Kerjasama Desa

Saat ini Desa telah mendapatkan pengakuan dengan adanya Undang-Undang Desa. Dalam UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa tersebut telah dijelaskan tentang LKD dan LAD namun sampai saat ini masih ada beberapa daerah yang belum memahami peran LKD dan LAD sehingga mereka kurang dilibatkan. Oleh karena itu Subdit Fasilitasi Kelembagaan Pendukung Perangkat Desa, Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Desa di Direktorat Jendral Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri mengadakan Bimbingan Teknis (Bimbingan Teknis) bagi aparatur Pemerintah Daerah dalam penguatan peran Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, dari hari Senin, 30 September hingga hari Rabu, 2 Oktober 2019 di Hotel The Acacia Jakarta, Jl. Kramat Raya No. 81, Senen, Kramat, Jakarta.

Kegiatan Bimtek diadakan dalam rangka Penguatan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa dalam pelaksanaan peran dan fungsi sebagai mitra Pemerintah Desa dalam mendukung pemberdayaan dan pendayagunaan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa sebagai wadah partisipasi masyarakat dan mitra Pemerintah Desa sebagaimana amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Total peserta kegiatan Bimtek berjumlah 62 orang yang terdiri dari 57 peserta dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota terpilih setiap Provinsi di seluruh Indonesia dan 5 orang peserta pusat. Sebagian besar peserta yang berasal dari daerah sudah sesuai dengan sasaran yaitu pejabat terkait pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang membidangi kelembagaan masyarakat/adat.

Hari pertama para peserta melakukan registrasi dan chek in di Hotel The Acacia Jakarta. Kegiatan Bimtek dalam Penguatan Peran LKD dan LAD dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Mohammad Rizal, S.E., M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan teknis kegiatan yang disampaikan oleh Kasubdit Fasilitasi Kelembagaan Pendukung Perangkat Desa.

Hari kedua mulai masuk pada materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber. Narasumber pertama yaitu Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Ditjen Pemdes Kemendagri, Drs. Budi Antoro, MBA yang menyampaikan materinya dengan tema “Kebijakan Pembinaan dan Pendayagunaan Kemasyarakatan berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014”. Narasumber kedua merupakan Asisten Deputi Pemberdayaan Desa di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dengan materi bertema “Pemberdayaan dan Pendayagunaan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa untuk Program-Program Pembagunan yang ditujukan ke Desa”. Narasumber ketiga berasal dari Kementerian Pariwisata yaitu Kepala Bidang Wisata Perdesaan dan Perkotaan yang menyampaikan materi dengan tema “Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa dalam Melestarikan dan Mengembangkan Budaya dan Adat Istiadat untuk mendukung Perekonomian Desa”. Acara di hari kedua diakhiri dengan materi yang disampaikan oleh Kasubdit Ketahanan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan tema “Mekanisme Program-Program Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan di Desa”.

Hari terakhir tersisa satu materi terakhir yang disampaikan oleh Kasubdit Fasilitasi Kelembagaan Pendukung Perangkat Desa, Ditjen Bina Pemdes, Kemendagri dengan tema “Penetapan Pedoman Kebijakan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa sesuai dengan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018”. Sebelum acara ditutup, dilakukan penyusunan rencana kerja tindak lanjut dengan menandatangani berita acara oleh para peserta. Meski kegiatan berlangsung selama tiga hari dengan materi yang cukup padat, namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme para peserta hingga acara penutupan. Acara selesai ditutup dengan foto bersama.

Adanya kegiatan bimtek ini diharapkan para peserta yang merupakan aparatur pemda di seluruh Indonesia dapat memahami adanya peran yang sangat penting dari LKD dan LAD dalam mengelola Desa, sehingga materi yang didapatkan dalam kegiatan ini dapat disalurkan ke Desa khususnya langsung kepada LKD dan LAD. Selain itu aparatur Pemda dapat melakukan tindak lanjut berupa pemberdayaan dan pendayagunaan LKD dan LAD dalam program pembangunan Desa.