Berita Kemendagri

Ini Catatan Mendagri di Hari Otda


Tgl. Posting: April 26, 2018 Dilihat: 139

JAKARTA - Tanggal 25 April telah ditetapkan  sebagai Hari Otonomi Daerah (Hari Otda)  melalui Keppres Nomor 11/1996. Penetapan Hari Otda merupakan tonggak bersejarah dalam administrasi pemerintahan di Indonesia.

Dalam catatannya tentang Hari Otda Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan peringatan Hari Otda bukan seremonial belaka, tetapi  menitikberatkan pada pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik untuk mewujudkan tujuan otonomi daerah. 

Hari Otda harus menjadi momentum untuk mengevaluasi perkembangan kinerja daerah otonom, baik itu  provinsi maupun kabupaten atau kota.

"Tema Peringatan Hari Otda XXII Tahun 2018 adalah “Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis," katanya.

Menurut Tjahjo, kebijakan otonomi daerah  mendukung keberhasilan Nawa Cita melalui empat pendekatan. Pendekatan pertama, perubahan regulasi dan kebijakan UU Nomor 23/2014 untuk mengisi kekurangan UU Nomor 32/2004. Pendekatan kedua, adanya pengalihan kewenangan dalam konteks kebijakan otonomi daerah yang diarahkan untuk merubah struktur. Ini  agar lebih efektif dari sisi regulasi, pengawasan serta pembinaan. Pendekatan ketiga, terkait dengan pnguatan peran desa. Pendekatan keempat, melalui Pilkada serentak.

"Kebijakan otonomi daerah diharapkan menjadi pembelajaran demokrasi di tingkat daerah, " katanya.

 

sumber: kemendagri.go.id

Komentar

Belum ada komentar

Postkan komentar



shadow