Berita Kemendagri

Buka Rakernas APPSI, Mendagri Ingin Kepala Daerah Saling Sinergi


Tgl. Posting: February 22, 2018 Dilihat: 192

Pembukaan Rakernas APPSI (Mukhlis Dinilah/detikcom)


Bandung - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membuka rakernas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Tjahjo berharap kegiatan ini menjadi momentum memperkuat sinergi di bidang ekonomi dan perdagangan.

Rakernas APPSI bertema 'Kerja Sama Perdagangan Antardaerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional' ini berlangsung di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, pada 21-23 Februari 2018. Mendagri mewakili Presiden Jokowi, yang batal hadir.

Pembukaan rakernas ketiga ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan langsung oleh Mendagri, yang mengenakan batik merah, didampingi Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo dan tuan rumah Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

"Rakernas ke-3 APPSI secara resmi saya buka dan berlangsung di Kota Bandung yang sejuk dan indah ini," kata Tjahjo di hadapan tamu undangan yang hadir, Rabu (21/2/2018).

Menurutnya, pertemuan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam rangka memperkuat sinergi, koneksi, dan inovasi di bidang ekonomi dan perdagangan, sehingga dapat mewujudkan kemandirian yang berdampak secara nasional.

"Saya harapkan pertemuan ini mewujudkan sinergi, koneksi, dan inovasi untuk kemajuan ekonomi kita. Ini penting dilakukan untuk kemandirian ekonomi kita mendatang," tutur dia.

Ia menuturkan, lewat forum ini, semua kepala daerah bisa mengetahui potensi yang dimiliki tetangganya, sehingga berbagai komoditas yang dibutuhkan daerah tertentu bisa disuplai oleh daerah-daerah yang memiliki produktivitas lebih baik.

Ia mencontohkan Jawa Timur, yang memiliki produksi sapi melimpah, selama ini menyuplai kebutuhan Jawa Barat. Selain itu, sambung dia, Sulawesi Selatan, yang merupakan lumbung padi, selama ini memenuhi kebutuhan daerah lainnya.

"Kondisi seperti ini yang harus diperluas dan diperkuat lagi, sehingga kemandirian ekonomi daerah dan nasional bisa tumbuh," kata Tjahjo.

Rakernas APPSI kali ini dihadiri 24 gubernur dan 6 wakil gubernur. Selaku tuan rumah, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyebut rakernas kali ini merupakan kehadiran kepala daerah terbanyak dari penyelenggaraan sebelumnya.

"Saya merasa bahagia ada 24 gubernur dan 6 wagub yang hadir. Kehadiran kali ini paling besar dibanding penyelenggaraan sebelumnya," kata Aher. 
(bag/bag)

sumber: detik.com

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after three months has been disabled.


shadow