Berita Kemendagri

PINDesKel II DAN BBGRM XIII Tahun 2017


Tgl. Posting: October 3, 2017 Dilihat: 727

Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) II dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII Tahun 2017, dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Dr Nata Irawan di The Media Hotel dan Towers, Jakarta, 2 Oktober 2017.

Tema kegiatan ini adalah Bersama kita kembangkan budaya gotong royong dan inovasi demi terwujudnya masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera.

Acara yg dihadiri oleh 279 orang peserta ini terdiri dari unsur provinsi, kabupaten/ kota lokasi desa/ kelurahan juara, desa/ kelurahan juara provinsi.

"PINDESKEL dan BBGRM bertujuan untuk mempublikasikan berbagai keberhasilan dan inovasi yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah, pemerintah desa dan kelurahan dalam penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan serta menumbuhkembangkan kegotongroyongan masyarakat dengan memperhatikan inovasi, efektivitas, kearifan lokal dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,"jelas Dirjen.

Dalam penyelenggaraan ini akan diberikan penghargaan upakarya wanua nugraha kepada kepala daerah provinsi dan kabupaten/ kota atas prestasi dan keberhasilannya dalam membina dan mendorong desa/ kelurahan di wilayahnya menjadi juara I pada lomba desa dan kelurahan tingkat Regional tahun 2016 dan 2017 melalui inovasi di bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Dan pemberian penghargaan kepada desa pelaksana terbaik BBGRM 2017.

Serangkaian acara yang berlangsung dari 2-4 Oktober 2017 terdiri dari lokakarya, stand pameran, dialog interaktif dengan para nara sumber, dan paparan Direktur di lingkup Ditjen Bina Pemdes.(Tha)

Komentar

Gravatar
Rosfa Hamidah

October 13, 2017

PindesKel.II, BBGRM XIII Bersamakita kembangkan budaya gotong royong dan inovasi demi terwujudnya masyarakat yg maju, mandiri dan sejahtera adalah moment penghargaan diberikan kepada Desa pelaksana terbaik BBGRM Tahun 2017.Selamat atas prestasi dan keberhasilan dari Provn. Lampung yang Pemerintahannya telah membina dan mendorong desa/kel.di wilayahnya menjadi Juara dengan program Gerbang Desa Saburai.

Desa yang beribu jumlahnya di NKRI dan sangat beragam tipologi dan karakter , memerlukan energi pemikiran yang lebih dari kebijakan apa yang dapat di implementasikan baik dari Pemerintahan, Pembangunan, Kemasyarakatan dan Pemberdayaan dari Desa membangun Indonesia.Menghidupkan perekonomian Desa/Kel. merupakan tolok ukur dari bentuk keberlangsungan Pemerintahan Desa yang mengandalkan akan potensi dan faktor alam yg dapat mendukung perputaran perekonomian yang ada di tiap-tiap desa. Adanya batas desa , jalan setapak maupun sarana infrasruktur jalan untuk mendukung perekonomian desa.
Membangun tekad dengan rasa percaya diri dan kemandirian masyarakat dari dari pemenfaatan potensi , mempertahankan aset ekonomi desa dan mengembangkan jaringan kerja antar pelaku komunikatif dan interaksi. Peran Kepala Desa beserta perangkat desa dan lembaga yang ada di wilayahnya lembaga BPD, perekonomian dari desa/kel. dapat tumbuh dari keberlangsungannya akan potensi yang handal dan dapat bermitra dari satu desa dengan desa yang ada disebelahnya.Pengembangan kerjasama internasional yang cocok secara sosial budaya merupakan tujuan NKRI dari Desa/Kel. membangun Indonesia.

Postkan komentar



shadow